Cara Bayar BPJS lewat Alfamart dan Indomaret

BPJS Kesehatan adalah sebuah program jaminan kesehatan resmi yang diselenggarakan oleh pemerintah. Sesuai dengan Pasal 1 UU No. 40 Tahun 2004, pemerintah mewajibakan kepada masyarakat untuk mendaftar BPJS.

Tak hanya warga negara indonesia saja yang diwajibkan mendaftar BPJS, tapi warga negara asing yang tinggal dan bekerja di Indonesia lebih dari 6 bulan wajib mengikuti program jaminan kesehatan dari Pemerintah ini.

Peserta BPJS Kesehatan memilik kewajiban untuk membayar iuran bpjs setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih, kelas 1, kelas 2 dan kelas 3. Bagi yang merasa tidak mampu maka bisa ikut program BPJS lewat jalur PBI.

Peserta PBI akan mendapatkan subsidi iuran dari pemerintah, sehingga peserta PBI tidak perlu lagi membayar iuran. Namun perlu diketahui bahwa peserta PBI terdaftar dikelas 3 dan tidak bisa naik kelas.

Besar Iuran BPJS Kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan Mandiri (non PBI) memiliki kewajiban untuk bayar iuran setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih.

  1. Kelas 1 besarnya Rp80.000
  2. Kelas 2 besarnya Rp51.000
  3. Kelas 3 besarnya Rp25.500

Sedangkan untuk peserta bpjs (pekerja penerima upah = ppu) yang bekerja disebuah perusahaan negeri maka iurannya akan diambil langsung sebesar 5% dari gaji pokok perbulan. Sesaui dengan ketentuan yang berlaku bahwa 3% akan dibayar oleh pemberi kerja dan 2 persen oleh pemerintah.

Sementara, untuk pekerja penerima upah yang bekerja di BUMN, BUMD, ataupun swasta, iuran bulanan BPJS diambil sebesar 5 persen dari upah per bulan. Dengan ketentuan 4 persen dibayar oleh pemberi kerja dan 1 persen oleh peserta.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Alfamart dan Indomaret

bayar iuran bpjs lewat alfamart dan indomaret

Peserta memiliki kewajiban bayar iuran setiap bulan, dan iuran harus dibayar paling lambat tanggal 1 0setiap bulannya, apabila tanggal 10 itu jatuh pada hari libur, maka pembayaran iuran dapat dilakukan pada hari kerja besoknya.

Selain lewat ATM, peserta juga bisa bayar iuran BPJS lewat Alfamart dan Indomaret. Baikah, kami akan memberitahu kepada anda, bagaimana cara bayar iuran bpjs lewat alfamart dan Indomaret, secara tahapan yang harus di ikuti sama.

  1. Anda bisa datang ke Alfamart / Indomaret terdekat
  2. Jangan lupa bahwa kartu BPJS Kesehatan / Catat Nomor BPJS nya
  3. Beritahu ke Kasir Bahwa Ingin Bayar BPJS
  4. Sekaligus berikan Nomor BPJS atau kartu BPJS anda dan nomor hp.
  5. Bayar iuran BPJS sesuai dengan tagihan dan biaya admin Rp2500.
  6. Jika kasir telah selesai memproses pembayaran maka anda akan mendapatkan struk.
  7. Simpan struk tersebut sebagai bukti pembayaran iuran.
  8. Simpan Bukti pembayaran, barang kali diperlukan nantinya.
Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.