Penting, Bau Cat sangat Bahaya Bagi Kesehatan

Cat Tembok

Memilih cat dengan kombinasi warna cat memang harus dipertimbangkan agar Rumah tampak menjadi lebih indah ketika, selain itu juga hal yang perlu diketahui juga adalah mengenai dampak bahaya dari bau cat terhadap kesehatan orang-orang yang berada didalam ruangan yang baru di cat.

Kebanyakan orang lupa bahwa aktivitas keluarga banyak dilakukan didalam rumah, terutama bayi atau balita yang setiap waktu bermain didalam kamar / ruang keluarga. Pernahkah membayangkan atau memikirkan dampak dari mengirup bau cat yang ada didalam ruangan tersebut.

Apabila kita salah membeli cat berarti kita juga ceroboh dalam menjaga kesehatan, karena kandungan zat kimia yang ada pada cat dapat menyebabkan gangguan kesehatan yang cukup serius, baik itu untuk tukang bangunan yang mengecat dinding atau orang-orang yang ada dalam ruangan yang dicat tersebut.

Zat bahaya yang terkandung didalam cat dinding adalah seoerti volatile organic compounds (VOC), komponen organing yang sangat mudah menguap pada temperatur suhu tertentu sehingga menginfeksi udara didalam ruangan menjadi beracun dan mengundang penyakit.

Beberapa contoh VOC, antara lain :

  1. benzene,
  2. formalin,
  3. bensin,
  4. pelarut seperti toluene dan xylene,
  5. styrene, dan perchloroetylene.

Aroma Cat sangat Berbahaya

Zat kimia dalam cat sangat berbahaya bagi kesehatan manusia, terutama didalam ruangan. Konsentrasi VOC didalam ruangan lebih tinggi 10x lipat dibandingkan di luar ruangan.

Ruangan yang baru di cat sebaiknya tidak dimasuki untuk beberapa hari, karena memang zat kimia yang terkandung dalam cat akan menguap ke udara, ini lah yang dapat menganggu kesehatan ketika dihirup oleh seseorang. Biasanya kita akan merasa mual / pusing saat masuk ruangan yang baru saja di cat.

Gangguan kesehatan yang kerap terjadi pada saat menghirup kandungan kimia berbahaya dari Cat Tembok adalah sebagai berikut :

  1. Iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan
  2. Pusing, hilang keseimbangan, dan mual
  3. Kerusakan hati, ginjal, dan sistem saraf pusat
  4. Kanker

Ruangan yang baru saja di cat lebih baik tidak dimasuki dan untuk menetralisir silahkan buka semua jendela dan pintu ruangan didalam rumah. Agar lebih baik lagi, nyalakan kipas angin mengarah ke luar ruangan agar udara yang terinfeksi racun dalam keluar.

Saat setelah mengecat ruangan, pastikan bekas kaleng, bekas kuas cat, segera dibuang. Pilih cat yang ramah terhadap lingkungan,  yakni yang tidak berbau saat aplikasi maupun pengeringan dan sangat rendah kandungan VOC-nya (kadar VOC kurang dari 0,63 gr/ltr atau mendekati Nol VOC).

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.