Apakah Setelah Daftar BPJS Bisa Langsung digunakan?

BPJS Kesehatan merupakan suatu program jaminan sosial dari pemerintah yang wajib diikuti bagi seluruh WNI, tugas BPJS yaitu memberikan jaminan dengan membantu biaya medis atas sakit yang diderita peserta. Beberapa hal yang sering menjadi pertanyaan, yaitu apakah setelah daftar bpjs, kita bisa langsung menggunakan layanan BPJS Kesehatan?

Sebelumnya memang BPJS Kesehatan bisa langsung di gunakan setelah melakukan pendaftaran, akan tetapi sejak 1 Juni 2015, BPJS Kesehatan menetapkan peraturan baru berupa kebijakan seperti yang sedang anda tanyakan. Tertulis dalam peraturan nomor 1 tahun 2015 BPJS Kesehatan tentang tata cara pendaftaran dan pembayaran iuran bagi bpjs.

Dalam peraturan tersebut tertulis bahwa BPJS tidak bisa langsung digunakan, peserta harus menunggu setidaknya 14 hari sejak melakukan pendaftaran, yang kemudian peserta melakukan pembayaran iuran pertama setelah hari ke-14 dan barulah bisa menggunakan layanan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan.

Apakah Kartu BPJS Kesehatan bisa langsung digunakan

Apakah Kartu BPJS Kesehatan bisa langsung digunakan

Secara Teknis Alur Pendaftaran BPJS Kesehatan :

  • Calon Peserta Melakukan Registrasi, pendaftaran dapat dilakukan secara manual di Kantor Cabang BPJS terdekat didaerah masing – masing juga bisa melalui pendaftaran online di website BPJS Kesehatan go.id, kemudian Calon Peserta akan Mendapatkan Nomor Virtual Account.
  • Kemudian, Peserta wajib membayar Iuran sesuai dengan pilihan Kelas Fasilitas Kesehatan yang dipilih saat melakukan pendaftaran. Pembayaran pertama baru bisa dibayarkan pada hari ke 14 sejak hari pendaftaran, bisa dibayar melalui bank BNI, BRI atau Mandiri. Kami tidak menyarankan bayar di Indomaret atau ALfamart untuk pembayaran Pertama.
  • Selanjutnya, Peserta dapat melihat Status Keanggotaan Aktif atau Belum melalui SMS Gateway yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, jika status dinyatakan Aktif maka anda sudah bisa menggunakan Layanan Jaminan Kesehatan dari BPJS ketika berobat, tentunya jika sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Jadi kesimpulannya, daftarlah bpjs kesehatan Sekarang sekarang, jangan menunggu ketika sakit baru mengurus BPJS. Apalagi ketika mengalami sakit yang sifatnya mendadak, jika demikian maka dipastikan anda tidak akan bisa mendapatkan bantuan dari BPJS Kesehatan. Baca : Kapan Kartu BPJS Bisa digunakan ?

Salam,
Admin Panduan BPJS
[email protected]

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply