Apakah Perawatan Bayi Lahir Prematur Ditanggung BPJS Kesehatan?

Apakah Perawatan Bayi Lahir Prematur Ditanggung BPJS? – BPJS Kesehatan memberikan pelayanan jaminan kesehatan kepada setiap peserta dengan berbagai jenis penyakit, tak terkecuali layanan kesehatan untuk Ibu Hamil yang ingin melahirkan, proses persalinan ibu hamil akan ditanggung, karena itu menjadi hak peserta.

Tentunya, peserta harus memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, dimana status keanggotaan peserta dalam kondisi aktif (tidak memiliki tunggakan iuran) dan juga mengikuti proses berobat yang telah ditetap kan BPJS Kesehatan yaitu dengan prosedur sistem rujukan berjenjang.

Singkatnya : Peserta yang sakit atau dalam kasus ini ingin melahirkan, Peserta harus datang ke Faskes 1 terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan pertama, faskes yang tertera pada kartu anggota BPJS. jikapersalinan tidak ada masalah dan normal maka persalinan cukup dilakukan di Faskes 1.

Adapun jika ternyata persalinan tidak normal seperti contohnya Operasi Caesar, sehingga membutuhkan penanganan yang lebih serius atau lainnya yang mengharuskan ke Faskes lanjutan, maka peserta akan mendapatkan rujukan ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS.

Bayi Lahir Prematur

Bayi Lahir Prematur

Sedangkan bagi peserta yang melahirkan bayi prematur, maka bisa menggunakan bantuan dari BPJS Kesehatan untuk menanggung biaya semuanya yaitu mulai akomodasi, obat, tindakan persalinan semuanya termasuk di dalam tarif INA CBGs yang ditanggung BPJS.

Calon bayi juga harus sudah didaftarkan sejak dalam kandungan ke BPJS Kesehatan saat masih berada di dalam kandungan dan status keanggotaannya aktif. Demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

Wenny Silvia Marinda
Kepala Unit Manajemen Kepesertaan dan UPMP4 BPJS Kesehatan Cabang Pontianak

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. rofi'atul a'imma

    selamat siang, saya mempunyai riwayat kelahiran prematur jaraknya hanya 2 bulan dengan kehamilan saya yang sekarang. Dokter menyarankan untuk periksa intensive kedokter kandungan karena resiko lebih besar untuk kehamilan yang kedua. Bagaimana caranya periksa dan melahirkan dirumah sakit?? sedang bpjs saya dari pemerintah dank fasket 1 di pukesmas.

Leave a Reply