Apakah Penyakit Demam Berdarah ditanggung BPJS Kesehatan?

Penyakit Demam Berdarah

Saat ini sedang memasuki musim hujan sehingga kita perlu mewaspadai terjangkitnya penyakit demam berdarah yang ditularkan melalui nyamuk Aedes aegypti. Penyakit demam berdarah masuk kedalam kategori penyakit yang sangat berbahaya karena jika tidak segera ditangani bisa menyebabkan kematian pada si penderita.

Untuk itu sebelum keluarga anda terkena penyakit demam berdarah maka lakukan beberapa tindakan dalam pencegahan berkembang biakan nyamuk dengan membersihkan lingkungan sekitar, timbun barang – barang bekas yang dapat menyebabkan genangan air, kuras air bak dalam waktu 3-4 hari sekali, dll.

Omong-omong soal penyakit demam berdarah, apabila keluarga anda terkena penyakit berbahaya ini segeralah berobat ke puskesmas atau rumah sakit terdekat. Bagi peserta bpjs bisa berobat menggunakan kartu bpjs yang telah dimilikinya untuk bisa mendapat pertanggungan biaya dari BPJS Kesehatan.

Biaya yang akan ditanggung bpjs sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku, dalam kasus pertanggung jawaban bagi pasien penderita penyakit demam berdara berdasarkan kode peraturan menteri kesehatan Nomor 59 Tahun 2014 Standar Tarif Pelayanan Kesehatan dalam Penyelenggaraan Program Jaminan Kesehatan., bpjs akan memberikan tanggung jawaban sebagai berikut :

Kode ICD untuk demam berdarah adalah A91 Dengue hemoragic fever (DHF).

Besaran klaim untuk rumah sakit tipe C regional 1

Diagnosis utama : A91 Dengue hemoragic fever (DHF)

Diagnosis sekunder : – (tidak ada)

Kode INACBG : A-4-13-I  INFEKSI NON BAKTERI RINGAN

  • Level 1 (tanpa diagnosis sekunder atau ada diagnosis sekunder tapi tidak pengaruh
  • Kelas 1 : Rp. 2.720.200
  • Kelas 2 : Rp. 2.331.600
  • Kelas 3 : Rp. 1.943.000

Untuk tipe rumah sakit kelas A dan B serta level 2 dan 3 tentunya lebih besar klaimnya dari yang disebutkan diatas. Untuk rumah sakit regional lainya akan berbeda pula besaran klaimnya. Demikian informasi mengenai besaran Klaim BPJS Kesehatan Kasus Demam Berdarah (DBD atau DHF) untuk rumah sakit tipe c regional 1. Semoga bermangfangat.

Baca Juga : Gejala Penyakit Demam Berdarah

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Leave a Reply