Apakah Pasien BPJS boleh meminta surat rujukan?

Surat Rujukan dari Puskesmas

Terdapat prosedur yang harus di ikuti pasien ketika ingin berobat menggunakan kartu BPJS Kesehatan, dimana ketika peserta mengalami keluhan terhadap kesehatannya maka dapat pergi ke faskes sesuai yang telah dipilih dan tertulis dalam kartu peserta. 

Peserta tidak diperkenankan untuk langsung pergi ke rumah sakit sebelum ke faskes tinggkat 1 terlebih dahulu, kecuali dalam keadaan darurat maka peserta dapat langsung ke rumah sakit rekanan BPJS Kesehatan. Prosedur inilah yang kurang di mengerti oleh peserta BPJS Kesehatan.

Informasi ini telah di publikasikan di website resmi BPJS Kesehatan, sudah di sampaikan pada saat peserta mendaftar di kantor bpjs dan beberapa media kesehatan lainnya. Hanya saja, banyak peserta yang merasa belum mendapatkan informasi tersebut.

Lantas, Apakah Pasien BPJS boleh meminta surat rujukan?

Pasien BPJS harusnya mengerti dengan kebijakan dan prosedur yang berlaku di BPJS Kesehatan sebelum menggunakannya, dimana pasien bpjs hanya akan di rujuk ketika ada indikasi medis tingkat lanjut, seperti perlu mendapatkan penanganan serius dari dokter spesialis, perlengkapan kesehatan yang tidak lengkap di faskes 1, dll.

Ketika pasien dapat sembuh di faskes 1 (puskesmas / klinik) maka tidak perlu di lakukan rujuk ke rumah sakit. Sedangkan bagi pasien yang meminta surat rujukan, maka biasanya surat rujukan akan di tulis APS (Atas Permintaan Sendiri).

Baca Disini : Pengertian APS pada surat rujukan

Urusan dirujuk atau tidak akan menjadi tanggung jawab dokter yang ada di faskes 1, maka pasien tidak perlu terlalu cemas, karena dokter yang bertugas di faskes 1 cukup berkompeten terhadap bidangnya. Dokter akan merujuk ke faskes tingkat lanjutkan ketika penyakit pasien tidak bisa di atasi di faskes 1.

Kesimpulannya : Pasien tidak diperkenankan meminta surat rujukan kepada dokter tanpa ada indikasi medis, jika peserta memaksa untuk meminta surat rujukan maka dalam kasus ini tidak akan menjadi tanggung jawab dari BPJS Kesehatan, peserta akan dinyatakan sebagai pasien umum.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar