Apakah BPJS tidak lagi Menanggung Biaya Persalinan?

bersalin pakai bpjs

Banyak sekali informasi yang simpang siur mengenai penjaminan bpjs terhadap persalinan ibu hamil, para peserta mendapatkan informasi bahwa bpjs tidak lagi menanggung biaya persalinan. Entah darimana kabar ini berasal, yang jelas ada yang salah mengerti terhadap peraturan terbaru.

Yaitu: Peraturan Jaminan Pelayanan Kesehatan BPJS Kesehatan Nomor 02 tahun 2018 tentang Penjaminan Pelayanan Katarak Dalam Pelayanan Kesehatan, Peraturan Nomor 03 tentang Penjaminan Pelayanan Persalinan dengan Bayi Baru Lahir Sehat, dan Peraturan Nomor 05 tentang Penjaminan Pelayanan Rehabilitasi Medik. 

Masyarakat (khususnya peserta BPJS) menjadi bingung terhadap peraturan yang baru saja diterbitkan tersebut, banyak yang mengira kehadiran peraturan tersebut, BPJS Kesehatan menghapus jaminan biaya operasi katarak, biaya persalinan dan rehabilitasi medik.

Perlu anda ketahui bahwa, kami telah mencari informasi langsung kepada BPJS Kesehatan dan menanyakan hal yang serupa sesuai dengan judul artikel ini. PIhak BPJS Kesehatan menjawab bahwa :  Untuk persalinan dijamin, jika persalinan normal di faskes 1 terdaftar, jika indikasi caesar di rujuk dari faskes 1 ke Rumah sakit.

Sehingga kabar yang beredar di masyarakat, yang mengabarkan bahwa BPJS tidak menanggung biaya persalinan ibu hamil adalah HOAX. Jika ingin ditanggung BPJS Kesehatan tentunya harus memenuhi ketentuan yang berlaku.

  1. Sudah daftar jadi peserta BPJS Kesehatan
  2. Status Kepesertaan dalam Kondisi Aktif
  3. Tidak memiliki tunggakan bayar iuran
  4. Melakukan persalinan normal di Faskes 1
  5. Bawa Surat Rujukan (jika ke rumah sakit).
  6. membawa kartu peserta BPJS
  7. membawa kartu keluarga
  8. membawa KTP (Kartu Identitas Resmi).

Baca Disini: Melahirkan pakai kartu BPJS

Sebagai informasi tambahan untuk anda :

Apabila bayi membutuhkan pelayanan atau sumber daya khusus, maka diatur dalam Perdirjampelkes Nomor 3, faskes dapat menagihkan klaim diluar paket persalinan. Penjaminan terpisah dengan ibunya atau tidak termasuk ke dalam tarif paket persalinan ibunya. Bayi harus didaftarkan sebagai peserta, apabila terdaftar dari PBPU/Mandiri bisa mendaftarkan calon bayi pada saat masih dalam kandungan dan apabila terdaftar dari PPU atau PBI didaftarkan setelah bayi lahir diberikan waktu 3 x 24 jam.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.