Apakah Biaya USG Ditanggung BPJS Kesehatan?

Cek Usia Kehamilan Menggunakan USG
Cek Usia Kehamilan Menggunakan USG

Roda kehidupan terus berputar, yang sakit akan menjadi sehat dan yang sehat juga akan sakit. Namun kita tetap berdoa semoga yang sakit segera cepat sembuh dan semoga yang sehat tetap sehat dan diberikan banyak rezeki oleh Allah SWT.

BPJS Kesehatan merupakan program jaminan kesehatan dari pemerintah dengan konsep gotong royong, dimana peserta (baik sakit atau sehat) memiliki kewajiban untuk membayar iuran bpjs setiap bulan sesuai dengan kelas yang dipilih.

Banyak manfaat yang akan didapatkan peserta, hampir semua jenis penyakit dan layanan kesehatan akan ditanggung bpjs kesehatan. Namun, bagi yang sehat anda akan mendapatkan pahala karena telah membantu orang lain melalui iuran yang anda bayarkan setiap bulan.

Apakah Biaya USG Ditanggung BPJS Kesehatan?

USG atau Ultrasonography kerap digunakan terhadap ibu hamil yang ingin mengetahui keadaan didalam kandungan. Mulai dari mengetahui posisi bayi, berat badan bayi, jenis kelamin, memprediksi hari lahir, atau kebutuhan medis lainnya.

Dokter dapat mengetahui keadaan dalam kandungan menggunakan USG, saat ini hampir di klinik bersalin dan rumah sakit telah memiliki fasilitas USG. Pemeriksaan yang dilakukan menggunakan USG, pasien akan dikenakan biaya setiap kali kunjungan dengan biaya yang bervariatif mulai dari Rp100.000 hingga Rp400.000

Biaya tersebut bukan angkat yang sedikit bagi sebagian orang, dan penggunaan USG bukan hal yang wajib dilakukan oleh ibu hamil, kecuali jika memang perlu dilakukan. Dokter akan menggunakan USG jika terjadi keluhan sebagai tindakan medis untuk mengetahui keadaan dalam kandungan.

BPJS Kesehatan akan menanggung biaya USG bagi ibu hamil apabila tindakan tersebut atas dasar indikasi medis bukan permintaan sendiri.

Misal, anda memiliki keluhan atau gangguan kesehatan terhadap kehamilan anda dan dokter akan menggunakan USG untuk memeriksa kesehatan anda maka ini akan ditanggung bpjs, namun jika anda minta di usg untuk mengetahui jenis kelamin maka tidak ditanggung bpjs.

Dengan USG, dokter dapat mengetahui kelainan pada janin, seperti mikrosefali, down syndrome, bibir sumbing, kelainan jantung, penyebab terjadi nya flek saat hamil, adanya kista pada rahim, posisi plasenta bayi dan sebagainya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.