Rincian Penjelasan Iuran BPJS Kesehatan Lengkap

Iuran BPJS Kesehatan – Bergabunglah di BPJS Kesehatan bagi anda yang belum mendaftar silahkan mendaftarkan diri anda dan keluarga untuk bisa mendapatkan jaminan kesehatan sosial dari pemerintah. Setiap warga negara Indonesia wajib mendaftar dalam program jaminan kesehatan ini, anda bisa mendaftar melalui beberapa jalur yaitu menggunakan BPJS Kesehatan Mandiri, Pekerja (PPU) atau PBI (penerima bantuan iuran).

Adapun untuk Biaya Iuran Peserta BPJS Kesehatan semua jalur sama, hanya saja sumber pembayaran nya saja yang berbeda, jika anda terdaftar sebagai peserta mandiri maka anda bayar menggunakan uang anda, jika menggunakan PPU maka Perusahaan anda yang akan membayarkan iuran sedangkan untuk PBI akan dibayarkan Pemerintah daerah.

Iuran BPJS Kesehatan

Iuran BPJS Kesehatan

Adapun rincian jelasnya mengenai Iuran BPJS Kesehatan yaitu : 

Khusus bagi Peserta PPU yang statusnya sedang bekerja pada Lembaga Pemerintahan seperti menjadi seorang PNS, anggota TNI, anggota Polri, pejabat negara, dan pegawai pemerintah non pegawai negeri maka iurannya sebesar 5% (lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 3% (tiga persen) dibayar oleh pemberi kerja dan 2% (dua persen) dibayar oleh peserta.

Sedangkan bagi anda yang terdaftar melalui Peserta Pekerja Penerima Upah (PPU) yang bekerja di BUMN, BUMD dan Swasta sebesar 5% ( lima persen) dari Gaji atau Upah per bulan dengan ketentuan : 4% (empat persen) dibayar oleh Pemberi Kerja dan 1% (satu persen) dibayar oleh Peserta.

Iuran untuk keluarga tambahan Pekerja Penerima Upah yang terdiri dari anak ke 4 dan seterusnya, ayah, ibu dan mertua, besaran iuran sebesar sebesar 1% (satu persen) dari dari gaji atau upah per orang per bulan, dibayar oleh pekerja penerima upah.

Adapun untuk bagi kerabat lain dari pekerja penerima upah (seperti saudara kandung/ipar, asisten rumah tangga, dll); atau peserta pekerja bukan penerima upah (Mandiri) serta iuran peserta bukan pekerja adalah sebesar:

  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 3 sebesar Rp. 25.500,
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 2 sebesar Rp. 42.500,
  • Iuran BPJS Kesehatan Kelas 1 sebesar Rp. 59.500,

Pembayaran iuran paling lambat tanggal 10 (sepuluh) setiap bulan

uran Jaminan Kesehatan bagi Veteran, Perintis Kemerdekaan, dan janda, duda, atau anak yatim piatu dari Veteran atau Perintis Kemerdekaan, iurannya ditetapkan sebesar 5% (lima persen) dari 45% (empat puluh lima persen) gaji pokok Pegawai Negeri Sipil golongan ruang III/a dengan masa kerja 14 (empat belas) tahun per bulan, dibayar oleh Pemerintah. Baca Juga : Denda Terlambat Bayar Iuran

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.