TANYA: Apakah Semua Pengobatan Kanker ditanggung BPJS Kesehatan?

Apakah semua kanker ditanggung BPJS

Penyakit yang paling berbahaya yaitu kanker, disamping itu biaya untuk pengobatan penyakit kanker sangat tinggi. Berdasarkan data dari BPJS Kesehatan terdapat pembiayaan untuk pengobatan kanker yaitu pada tahun 2014 mencapai Rp1,7 Triliun untuk 315.580 kasus dan tahun 2015 mencapai Rp2,5 triliun untuk Rp500 ribu kasus. (Angka yang tidak sedikit).

Melihat angka kasus yang begitu tinggi maka kanker merupakan penyakit nomor 3 yang paling banyak mengabiskan biaya setelah penyakit jantung dan gagal ginjal. Walaupun kanker bukan penyakit yang menular tapi banyak diderita oleh masyarakat hal ini difaktori karena gaya hidup yang kurang sehat. Salah satunya adalah Merokok.

Kepala Humas BPJS Kesehatan Irfan Humaidi mengungkapkan, “Pengobatan kanker dibiayai BPJS Kesehatan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes).” (terlansir dalam halaman Kompas.com)

Standar pengobatan untuk kanker yang ditanggung oleh BPJS seperti kemoterapi dan radioterapi dan beberapa obat untuk terapi immunoterapi juga ditanggung oleh BPJS. Sedangkan apabila terdapat tambahan pengobatan di luar itu maka akan ditanyakan terlebih dahul, apakah pengobatan tersebut ada dalam Permenkes?

Namun saat ini BPJS Kesehatan belum banyak menanggung biaya deteksi dini kanker, misalnya mammografi untuk deteksi kanker payudara. Untuk saat ini berdasarkan keterangan yang kami dapat, BPJS Kesehatan sudah memfasilitasi peserta untuk deteksi dini kanker untuk kanker serviks.

Apabila peserta BPJS menderita penyakit kanker maka bisa berobat menggunakan kartu BPJS yang mereka miliki, dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Penanganan pertama akan dilakukan di faskes 1 terlebih dahulu, kemudian akan dilanjutkan ke rumah sakit rujukan yang sudah menjadi rekanan BPJS (apabila diperlukan), kecuali jika dalam kondisi darurat.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.