7 Resiko Operasi Sesar yang Perlu Diketahui Ibu Hamil

Resiko Operasi Caesar

Banyak alasan mengalami ibu hamil memilih operasi caesar daripada melahirkan secara normal, namun salah satunya yang menjadi alasan paling umum adalah karena tidak mau merasakan sakit yang berlebihan. 

Apakah anda salah satu orang yang ingin memilih operasi caesar sebagai cara untuk mengeluarkan bayi anda? Sebelum mengambil keputusan tersebut ada beberapa resiko pada operasi caesar yang perlu diketahui.

Berdasarkan informasi kesehatan yang telah dilansir pada halaman Kompas Health, Ada 7 resiko berbahaya yang akan dialami ibu hamil ketika operasi caesar. 

1. Operasi sesat dapat menyebabkan dinding perut yang disayat serta rahim menjadi iritasi bahkan infeksi. Infeksi biasanya dapat terjadi di sekitaran sayatan perut, di dalam rahim atau di dekat kandung kemih.

2. Selama proses operasi berlangsung, ada kemungkinan untuk kehilangan darah yang berlebihan, yang kemudian dapat menyebabkan anemia. Banyak wanita yang harus mendapatkan transfusi darah setelah operasi sesar.

3. Wanita hamil juga dapat mengalami cedera kandung kemih dan usus selama operasi berlangsung.

4. Operasi akan memengaruhi usus, termasuk mengganggu gerakan usus setelah operasi selesai. Ini kemudian akan menimbulkan ketidaknyamanan, kembung, pembesaran perut karena disfungsi usus.

5. Selama opesi berlangsung pula, ada kemungkinan terbentuknya jaringan parut di dalam area panggul yang menyebabkan rasa sakit dan penyumbatan. Ini kemudian dapat menyebabkan komplikasi pada kehamilan selanjutnya.

6. Operasi sesar juga memungkinkan untuk dilakukannya operasi tambahan, meliputi perbaikan kandung kemih atau yang lainnya.

7. Risiko operasi sesar yang terakhir adalah ditunjukkan oleh penelitian yang menyebut bahwa dalam beberapa kasus, terdapat reaksi negated untuk anestesi yang diberikan selama operasi, bahkan dengan obat yang dikonsumsi setelah operasi.

(Intisari/Monalisa Darwin)

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply