Mengenal Gejala dan Penyebab Penyakit Asam Urat

Gejala Penyakit Asam Urat

Ketika anda mengalami kondisi dimana merasakan nyeri yang tak tertahankan, pembengkakan dan rasa panas pada area persendian maka dimungkinkan anda telah terkena penyakit asam urat. Sendi – sendi yang umum terserang asam urat adalah sendi jari tangan, lutut, pergelangan kaki, dan jari kaki.

Ketika seseorang telah mencapai usia diatas 30 tahun maka akan rentan terkena penyakit asam urat jika kurang menjaga kesehatan, laki – laki lebih rawan terkena penyakit ini dibandingkan dengan perempuan. Seseorang yang terkena penyakit asam urat akan merasakan nyeri pada persendian dalam rentan waktu antara 3-10 hari, sehingga membuat penderita tidak bisa bergerak bebas.

Perlu diketahui asam urat berbeda dengan rematik, namun ini persepsi yang masih banyak terjadi di masyarakat. Rematik merupakan rasa sakit dipersendian yang mengalami peradangan, sedangkan asam urat itu berbeda. Penyakit asam urat berisiko tinggi dialami oleh orang-orang yang sedang menderita penyakit ginjal kronik, penyakit diabetes, hipertensi, obesitas, kolesterol tinggi, osteoarthritis, psoriasis, dan sindrom metabolisme.

Penyebab Penyakit Asam Urat

Penyakit Asam Urat tersebabkan karena terjadi penumpukan asam urat di dalam sendi. Pada dasarnya didalam sel – sel tubuh terjadi penguraian zat purin pada proses tersebut ada limbah yang terbentu yaitu yang dinamakan Asam Urat.

Jika jumlah produksi asam urat lebih banyak dibandingkan dengan asam urat yang keluar dari tubuh maka akan terjadi penumpukan di dalam sendiri yang kemudian akan membentuk kristal-kristal tajam natrium urat yang berbentuk mikro, yang kemudian akan mengalami peradangan karena kristal-kristal tajam tersebut masuk ke ruang persendian.

Makanan berzat purin tinggi merupakan salah satu faktor yang dapat memicu meningkatnya kadar asam urat di dalam darah. Contohnya seperti jeroan hewan (ginjal, hati, jantung), hidangan laut (kerang-kerangan, kepiting, ikan teri, ikan makarel), dan daging merah (sapi, kambing, kerbau). Selain itu juga bisa disebabkan akibat terlalu banyak mengonsumsi minuman manis (baik gula buatan maupun alami) dan minuman beralkohol

Gejala Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat paling umum terjadi dikalangan masyarakat, dimana mereka akan merasakan gajala sakit pada daerah persendian terutama pada sendi jari – jari tangan dan kaki. Sakit yang dirasakan dapat menyebabkan penderita sulit bergerak, rasa sakit lebih sering dirasakan pada malam hari

Persendian lain yang akan terasa sakit akibat penyakit asam urat ini diantaranya seperti sendi pergelangan kaki, telapak kaki tengah, lutut, pergelangan tangan, jari-jari tangan, dan siku.

Gejala nyeri pada sendi akibat penyakit asam urat biasanya akan dirasakan dalam waktu beberapa jam saja Rasa nyeri akan disertai dengan pembengkakan, sensasi panas, serta kemunculan warna kemerahan pada kulit yang melapisi sendi dan serangan penyakit asam urat umumnya berlangsung dalam kurun 3-10 hari.

Saat gejala mereda dan bengkak mengempis, kulit di sekitar sendi yang kena akan tampak bersisik, terkelupas, dan terasa gatal. Meski serangan bisa reda dengan sendirinya, namun kondisi ini tidak boleh diabaikan. Pengobatan harus tetap dilakukan, antara lain untuk mencegah risiko kambuh dengan tingkat keparahan gejala yang meningkat, risiko penyebaran ke sendi-sendi yang lain, dan risiko kerusakan permanen pada sendi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply