7 Alasan Ibu Hamil Tidak Boleh Tidur di Pagi Hari

Ibu Hamil Tidur di Pagi Hari

Mengantuk sangat sering dirasakan oleh setiap ibu hamil, rasa kantuk lebih sering dirasakan ketika pagi hari. Terkadang ibu hamil cenderung menjadi lebih malas untuk mengerjakan sesuatu ketika pagi hari, justru lebih memilih untuk tidur. 

Tidur pagi boleh-boleh saja asalkan tidak terlalu sering, tapi lebih baik dihindari karena ada beberapa alasan yang perlu anda ketahui mengapa ibu hamil tidak boleh tidur di pagi hari. Untuk itu bagi anda yang sedang hamil dan memiliki kebiasaan tidur pagi harus bisa berubah.

1. Menjadi Lebih Sering Pusing

Pusing kepala sudah pasti dirasakan oleh Ibu hamil, terlebih lagi jika ibu hamil memiliki jam tidur yang terlalu lama. Ketika pusing melanda biasanya ibu hamil akan merasa bingung dan konsentrasi menjadi terganggu yang dapat menyebabkan stress dan insomnia.

2. Mengalami Diabetes

Alasan lain mengapa ibu hamil tidak boleh tidur pagi, karena beresiko mengalami diabetes.  Apabila ibu menderita diabetes maka dapat berbahaya dan beresiko menular kepada si jabang bayi. Agar bayi anda tetap sehat maka anda harus melawan rasa kantuk tersebut, tidurlah di siang harinya.

3. Menyebabkan Kelebihan Berat Badan (Obesitas)

Ibu hamil yang sering tidur, terutama tidur pagi maka akan menyebabkan obesitas, ketika ibu hamil mengalami kelebihan berat badan tentu saja ini tidak baik dan dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi. Untuk itu hindari tidur dipagi hari, lakukan kegiatan yang dapat melawan rasa kantuk anda.

4. Tidak Baik Untuk Bayi

Bagi anda yang sering tidur pagi maka itu tidak baik bagi bayi anda, jangan terlalu malas, lakukan beberapa kegiatan yang dapat membuat anda dan bayi anda tetap sehat. Ibu hamil yang kurang bergerak membuat bayi anda kurang sehat.

5. Menyebabkan Kekurangan Darah (Anemia)

Terlalu sering tidur pagi khususnya ibu hamil akan lebih rentan terserang penyakit anemia (kekurangan darah), mengapa hal itu terjadi? karena asupan oksigen dan aliran darah di dalam tubuh tidak lancar. Lakukan beberapa aktivitas dipagi hari, dengan begitu produksi sel darah merah anda menjadi lebih baik.

6. Meningkatkan Volume Cairan Ketuban

Jika cairan ketuban yang ada didalam rahim terlalu banyak maka itu tidak baik untuk bayi, terutama ketipa akan melakukan persalinan, untuk membuat volume cairan ketuban stabil dan normal maka ibu hamil disarankan untuk banyak bergerak atau beraktivitas, terutama dipagi hari.

7. Mengalami Gangguan Pencernaan

Terlalu banyak tidur dapat membuat ibu hamil mengalami gangguan pencernaan. Jika pencernaan terganggu maka ibu hamil akan lebih rentan terkena penyakit seperti sembelit, maag dan gangguan lambung.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...



loading...

Leave a Reply