5 Alasan Berkeringat Baik Untuk Kesehatan

Berkeringat Baik untuk Kesehatan

Usahakan setiap hari anda harus berkeringat, anda boleh berolah raga seperti joging, senam, atau aktivitas lainnya. Karena dengan berkeringat tubuh kita akan menjadi sehat. 

Bagaimana tidak? keringat yang keluar dari kulit dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun. Selain itu dengan berkeringan suhu tubuh yang terlalu panas bisa menjadi dingin.

Agar anda lebih yakin dan memotivasi diri agar selalu mengeluarkan keringat, perlu mengetahui beberapa alasan bahwa berkeringat itu sangat penting bagi kesehatan tubuh kita.

Dapat Menurunkan risiko batu ginjal

Sebuah penelitian yang dilakukan dari University of Washington menemukan bahwa kandungan garam pada tubuh keluar bersama keringat hal itu dapat mempertahankan kalsium di dalam tulang.

Apabila seseorang tidak mengeluarkan keringat maka garam dan kalsium besama-sama tetap ada di dalam tubuh yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal.

Dengan berkeringat seseorang akan cenderung lebih banyak minum air, dengan banyak minum air maka kebutuhan air dalam tubuh menjadi seimbang dan banyak minum air juga bisa mencegah pembentukan batu ginjal.

Dapat Meredakan nyeri

Salah satu gejala yang dirasakan oleh orang yang kurang berolahraga yaitu terasa pegal dan nyeri pada bagian leher. Untuk mengatasinya anda cukup rutin melakukan aktifitas fisik yang dapat mengeluarkan keringat.

Anda bisa berlari – lari saat pagi atau sore, melakukan senam, aktifitas tersebut akan merangsang produksi endorfin yang membuat anda menjadi lebih tenang dan rasa nyeri pada leher atau daerah lainnya akan hilang. Hal ini diungkapkan James Ting, MD, dokter spesialis olahraga di Hoag Orthopedic Institute di Irvine, California.

Dapat Mengontrol Mood

Dr. Ting mengatakan, penelitian mengungkapkan, ada sirkuit saraf di beberapa area otak yang sensitif terhadap suhu. Sirkuit saraf ini berperan penting dalam mengendalikan suasana hati. “Ketika Anda berkeringat karena suhu tubuh naik usai berolahraga misalnya, sirkuit ini menyala sehingga timbul perasaan nyaman dan bahagia.”

Dapat Menyembuhkan jerawat

Seseorang yang sering berjerawat maka dapat dipastikan dia kurang berkeringat (berolahraga) dan kurang banyak minum air. Mengapa demikian? Karena dengan berkeringat kotoran yang ada di pori-pori akan keluar bersama keringat.

Setelah berkeringat maka pastikan anda selalu membersihkannya kembali.Karena kotoran yang keluar dari pori-pori akan terakumulasi dikulit, terutama pada bagian wajah dan punggung. Sangat penting bagi anda membersihkan kulit setelah berolahraga.

Dapat Mencegah Infeksi

Berkeringat terbukti dapat mencegah terjadinya penyakit tbc dan mencegah infeksi. Karena berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti asal Jerman di Eberhard Karls University Tubingen. Bahwa keringat yang keluar dari tubuh berisi antimikroba alami yang disebut dermcidin.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply