Air Sangat Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Hampir seluruh tubuh manusia dipenuhi dengan Air, sehingga air sangat penting untuk bagi tubuh manusia terutama dalam metabolisme, jika seseorang kekurangan air maka akan mengalami dehidrasi yang tentunya dapat mempengaruhi keseimbangan kerja tubuh, untuk itu mengkonsumsi air sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sekitar ± 60 % berat badan kita adalah Air. Air sangat mempengaruhi pada pembentukan sel, cairan otak, cairan dalam bola mata. Jika seseorang kekurangan air maka yang akan mengalami ganguan biasanya pada ginjal, jantung, otak, paru-paru dan kulit. Untuk itu perbanyak konsumsi air paling tidak 1-2 liter per hari, agar organ tubuh dapat bekerja dengan baik (Ibarat Mesin Butuh Oli sebagai Pelumas).

Air memiliki fungsi sebagai alat angkut berbagai sisa metabolisme termasuk kabondioksida dan urea untuk dikeluarkan dari tubuh. Air juga berperanan sebagai pelarut zat-zat gizi berupa monosakarida, asam amino, lemak, vitamin dan mineral serta bahan-bahan lain yang diperlukan seperti oksigen dan hormon. Zat-zat gizi dan hormon tersebut akan dibawa oleh darah ke seluruh bagian tubuh yang membutuhkan. 

Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Manfaat Air Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Salah satu yang sering terjadi, orang yang kekurangan minum air biasanya akan lebih sering sakit pada bagian kepada, pegel – pegel pada persendian tulang, mudah ngantuk dan lemas, kulit akan terlihat kering dan pucat.

Salurah Pencernaan merupakan bagian terpenting dalam tubuh manusia yang juga membutuhkan air dengan jumlah yang cukup banyak, karena air juga dapat menjadi salah satu komponen yang dapat mempercepat berbagai reaksi biologik di dalam tubuh (katalisator).

Air minum yang sehat, menurut dr. Wahyu Lulus Ariyanto dari RS RKZ Surabaya adalah air yang bebas dari bahan kimia dan bebas dari MicroOrganisme.

Sendi – sendi tubuh manusia terus bergerak, agar tidak saling bergesekan maka dibutuhkan cairan, ketika seseorang kekurangan cairan pada sendi-sendi nya maka sering terasa sakit (linu – linu), cairan tersebut juga dipengaruhi dengan air yang kita konsumsi setiap harinya. Air juga menjaga kesehatan dan kecantikan tubuh dengan terapi air yang penggunaanya secara internal dengan minum air atau ekternal sebagai pengobatan penyakit.

Dengan mengkonsumsi air dengan jumlah yang cukup dapat dapat memurnikan racun-racun yang terdapat di dalam tubuh, darah tidak mengalami kekentalah yang berlebih, Untuk menjaga elastisitas kulit, air yang diperlukan dalam jumlah yang cukup mutlak diperlukan. Untuk menjaga keseimbangan berat badan, air sangat mutlak diperlukan. Minum Air tidak harus menunggu haus, minumlah disela – sela waktu. Minum banyak air putih dapat menyaring kelebihan kalori.

Resume : KlikDokter.com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply