3 Jenis Kelas BPJS Kesehatan yang dapat Anda Pilih Sesuai Kemampuan

Jenis Kelas BPJS Kesehatan

Setiap Masyarakat yang tinggal di Indonesia maka wajib daftar menjadi peserta BPJS Kesehatan, anda bisa mendaftar melalui PBI (Penerima Bantuan Iuran) dari pemerintah, bisa mendaftar melalui Perusahaan tempat anda bekerja atau jika anda memiliki kemampuan ekonomi yang cukup maka bisa mendaftar menggunakan jalur peserta mandiri yang biaya iuran nya ditanggung sendiri.

Saat mendaftar bpjs, anda akan di tawarkan 3 jenis pilihan kelas dengan harga atau biaya iuran yang berbeda – beda. Untuk PBI secara otomatis akan masuk kelas 3, untuk peserta bpjs dari perusahaan tempat bekerja akan menyesuaikan dengan gaji yang diterima, dan untuk peserta Mandiri anda dapat memilih 3 jenis pilihan kelas sesuai dengan kemampuan ekonomi keluarga anda.

BPJS Kesehatan menyiapkan 3 jenis pilihan kelas. Yaitu Kelas 1 dengan iuran Rp 80.000, Kelas 2 dengan iuran Rp51.000, dan Kelas 3 dengan iuran peserta Rp25.500. Obat dan pelayanan sama untuk semua kelas, berbeda hanya pada kelas rawat inap nya saja.

Silahkan anda pilih kelas yang anda mampu untuk membayar iuran, karena 1 keluarga akan berada pada kelas yang sama, jika kepala keluarga daftar bpjs di kelas 1 maka seluruh anggota keluarga akan terdaftar kelas 1 juga. Maka anda bisa memilih kelas sesuai dengan kemampuan ekonomi, jika anda memutuskan untuk pindah kelas maka anda harus menunggu selama 1 tahun aktif terlebih dahulu.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply