13 Gejala Penyakit Kanker Paru-Paru

Paru-paru merupakan organ paling penting didalam tubuh yang berfungsi menyebarkan oksiken kedalam darah saat menghirup napas dan membuang karbondioksina saat menghela nafas. Penyakit yang sering menyerang organ ini yaitu kanker Paru-paru.

Kebanyakan kanker paru-paru diderita oleh Para Perokok Aktif dan Pasif, dimana penderita mengalami kondisi sel tubuh yang tidak terkendali didalam paru – paru. Apabila terus dibiarkan dan tidak adanya pencegahan maka kanker paru-paru akan menganggu fungsi organ lain seperti kelenjar getah bening, otak dan hati.

Ketika paru-paru mulai terserang kanker tidak ada gejala atau tanda-tanda yang jelas, namun disuatu saat ketika kanker mulai mengganas munculah gejala seperti batuk yang tidak kunjung berhenti dan bisa mengeluarkan darah disaat batuk tersebut. Gejala lain yang paling umum yaitu sering merasa kehabisan napas, kelelahan tanpa alasan, dan berat badan mulai turun.

Perlu kita ketahui bahwa jenis kanker paru-paru itu ada 2 yaitu berdasarkan jenis selnya yaitu kanker paru-paru sel kecil (small-cell lung cancer/SCLC) dan kanker paru-paru non-sel kecil (non-small-cell lung cancer/NSCLC). 

Berikut ini adalah gejala-gejala utama yang akan dialami penderita kanker paru-paru :

  1. Batuk yang tak kunjung berhenti dan semakin parah
  2. Sakit Asma
  3. Jika sudah parah akan mengalami batuk berdarah.
  4. Dada terasa nyeri dan sesak napas.
  5. Sering merasa lelah tanpa sebab.
  6. Terkadang muka dan leher mengalami pembengkakan
  7. Kepala mulai sering terasa sakit / pusing
  8. Sakit pada tulang, bisa pada bahu, lengan atau tangan.
  9. Berat badan menurun.
  10. Selera makan berkurang
  11. Suara menjadi serak.
  12. Sakit ketika menelan sesuatu
  13. Ujung jari menjadi cembung.

Ketika anda merasakan gejala – gejala tersebut maka segera periksakan diri anda untuk diperiksa dan diberi penanganan agar penyakit tidak semakin parah, karena memang kanker paru-paru merupakan jenis kanker yang masih bisa dicegah. Adapun beberapa pencegahan yang bisa anda lakukan adalah :

  • Berhenti Merokok dan Menjauh dari para Perokok Aktif
  • Pilih Menu makanan yang sehat
  • Berolahraga secara Teratur

Baca Juga : Bahaya Asap Rokok

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar