Walaupun Sudah Punya Asuransi Swasta, Tetap Harus Daftar BPJS Kesehatan

Ilustrasi: Buku Panduan BPJS Kesehatan

Diharapkan masyarakat Indonesia sadar dan mengerti bahwa menjadi peserta BPJS itu wajib, karena berdasarkan UUD Nomor 24 tahun 2011 setiap orang wajib mendaftar BPJS, bahkan warga negara asing yang telah tinggal 3-6 bulan juga harus daftar BPJS.

Yang namanya Wajib berarti harus, tentu kedepan akan ada sanksi yang diberikan jika tidak daftar BPJS Kesehatan. Seperti kabar yang telah beredar, jika tidak daftar BPJS maka akan diberi sanksi administrasi yaitu dipersulit dalam pengurusan dokumen negara seperti pembuatan KK, KTP, Paspor dan lain.

Pertanyaan yang sempat muncul bahkan sering ditanyakan. Yaitu menggunakan asuransi swasta, apakah jika seseorang sudah mengikuti asuransi swasta, tetap harus daftar BPJS Kesehatan?

Jika ditinjau berdasarkan hukum negara yang tertuang dalam undang-undang dasar  yang berlaku, seseorang tetap harus mendaftar BPJS Kesehatan walaupun telah memiliki asuransi swasta.

Terkait asuransi swasta yang dimiliki masyarakat, jika suatu asuransi swasta bekerjasama dengan BPJS Kesehatan melalui skema koordinasi manfaat atau CoB, maka peserta BPJS Kesehatan yang memiliki asuransi swasta tersebut bisa memperoleh manfaat lebih, khususnya dalam manfaat non medis, seperti naik kelas ruang inap, berobat keluar negeri, dan sebagainya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply