Ganti Kartu Askes ke Kartu BPJS Kesehatan

Ganti Kartu Askes ke Kartu BPJS

Sebelum adanya program JKN-BPJS Kesehatan, Pemerintah telah menjalankan jaminan sosial yang bernama Askes. Saat ini askes telah bertransformasi menjadi BPJS Kesehatan untu menjalankan program JKN untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat indonesia, karena semua orang yang sakit memiliki hak untuk sembuh. Dengan hadirnya BPJS maka akan memberikan solusi dalam biaya kesehatan.

Program yang dikonsep dengan sistem gotong royong ini mewajibkan semua warga indonesia untuk mendaftar menjadi peserta. Khusus bagi anda yang sebelumnya telah memiliki kartu askes karena sudah menjadi anggota askes maka secara otomatis telah terdaftar menjadi peserta BPJS, anda tidak perlu lagi mendaftar ke bpjs.

Kartu Askes yang anda miliki masih dapat difungsikan sebagai kartu bpjs, jadi kalau anda sakit anda bisa berobat menggunakan kartu askes tersebut untuk mendapatkan pelayanan kesehatan bpjs di fasilitas kesehatan. Proses penggantian kartu askes ke kartu bpjs akan dilakukan secara bertahap, namun saat ini masih di perioritaskan untuk TNI dan POLRI.

Syarat untuk mengganti kartu askes menjadi kartu bpjs kesehatan cukup dengan mengembalikan kartu Askes dan menunjukkan KTP (diutamakan e KTP) ke kantor BPJS Kesehatan terdekat (domisili), nanti anda akan mendapatkan kartu BPJS.

Kalau BPJS Kesehatan ada setoran tiap bulan sesuai dengan kelas (1, 2, 3), bagaimana dengan ASKES? Terkait dengan iuran, bagi PNS besaran iurannya dipotong melalui gaji setiap bulannya, yaitu sebesar 2 % dari gaji pokok dan tunjangan keluarga.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. hi…
    saya punya orang tua angkat seorang Pensiunan dari Dep.Keuangan, dgn no.KARIP 179545 GB01/28260/0 tgl SKEPnya 11 Desember 1995, dan memiliki kartu PERUM HUSADA BHAKTI (ASKES), dgn No.090380382639 tertanggal 31 Desember 1988, Deangan Nama Djusmawati Tgl.lahir 02 September 1943, NIP.060027669,semua karna ketidaktahuannya, skrng bagaimana prosesnya agar orang tua angkat saya tersebut bisa menjadi Peserta BPJS, pindahan dari ASKES yang kartunya sendiri tidak pernah di update, uang pensiun sampai bulan ini beliau masin menerimanya.
    Jadi langkah apa saja yang harus saya jalani agar beliau bisa mendapatkan kartu BPJS. saya tinggal di Bekasi dan dimana saya bisa mendaftarkan BPJS dari data yang kami miliki tersebut diatas.
    terima kasih atas informasinya.

    Salam
    Teddy

Leave a Reply