Usia Berapa Anak Boleh dioperasi Bibir Sumbing

Bibir Sumbing adalah sebuah kelainan yang terjadi pada bayi yaitu mengalami gangguan pada bagian mulut dengan adanya  celah pada bibir, gusi, atau langit – langit, yang biasanya terjadi sejak bayi dilahirkan. Untuk memperbaikinya perlu dilakukan operasi bibir sumbing di sebuah rumah sakit khusus yang memiliki alat yang memadai.

Sebelum dilakukan operasi bibir sumbing, orangtua perlu menjaga kondisi kesehatan bayi / anak, begitu juga ketika nanti pasca operasi, orangtua harus lebih extra memberikan asupan gizi yang cukup. Adapun hal yang harus di perhatikan bagi orangtua yaitu Rule of Ten. Anak anda harus memiliki berat badan lebih dari 10 pon (4-5 kg), umur harus diatas 10 minggu, dan hemoglobin harus diatas 10g%.

Begitu juga, untuk menghasilkan operasi yang sempurna orangtua harus bisa menjaga celat pada bibir menggunakan plester khusus akan saat proses perkembangan bayi tidak membuat gusi menonjol ke arah depan  (protrusio pre maksila) akibat dorongan lidah pada prolabium. Plester non alergenik tadi harus tetap direkatkan sampai waktu operasi tiba.

Operasi Bibir Sumbing pada Bayi

Operasi Bibir Sumbing pada Bayi

Usia optimal untuk operasi bibir sumbing (labioplasty) adalah usia 3 bulan. Karena mengingat seorang bayi akan mulai mengingat pelafatan bahasa bibir pada pada usia 5-6 bulan, jadi apabila operasi dilakukan di atas usia tersebut maka di khawatirkan bayi sudah terbiasa dengan pengucapan yang salah, dan membuat pengucapan huruf bibir menjadi kurang sempurna setelah di operasi.

Namun, masih banyak orangtua yang salah. Yaitu mengobati anak nya melebihi batas usia optimal, hal ini menyebabkan operasi dilakukan hanya untuk keperluan kosmetika fisik, sedangkan untuk fungsi dan fisiologis tidak berfungsi dengan baik. Dengan alasan tidak mampu atau tidak punya biaya untuk operasi, namun jangan khawatir akan hal itu , karena BPJS Kesehatan akan mengcover biaya operasi bibir sumbing.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply