Tunggakan Peserta BPJS di Sleman Capai Puluhan Miliar

Gathering BPJS di Sleman

Pada Jum’at (20/4) telah diadakan Media Gathering BPJS Kesehatan di Sleman, acara digelar langsung di Hotel Tara Jogjakarta. Pada acara ini disampaikan bahwa masih banyak peserta BPJS yang menunggak bayar iuran, di Sleman sendiri peserta mandiri (PBPU) menungga hingga Rp20,516 Miliar, sedangkan untuk peserta Badan Usaha (BU) mencapai Rp 153,838 juta.

Media Gathering BPJS Kesehatan dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Perluasan dan Kepatuhan BPJS Kepesertaan, Wahyu Prabowo, Kabid kepesertaan Zuamah, Kabid penagihan dan keuangan Nugraheni Sjarifah E, Kabid PMR (Penjaminan Manfaat Rujukan) Ika Eri H, Kabid Penjaminan Manfaat Primer Tofik, dan Kabid SDM Umum dan KP Yuni Wibawa.

Peserta Mandiri yang menunggak bayar iuran kebanyakan adalah “orang yang dapat bpjs ketika sakit, setelah sehat tidak mau lagi bayar iuran yang telah menjadi kewajibannya”. Sementara untuk peserta bpjs melalui badan usaha biasanya dikarenakan adanya perbedaan gaji yang dilaporkan dan jumlah pegawai yang belum dilaporkan.

Bagaimana tidak besar tunggakannya, karena dari 1,2 juta orang yang mendaftar BPJS di Sleman ada jumlah peserta yang cukup besar menunggak bayar iuran yaitu sekitar 23.739 KK (Kepala Keluarga) dan untuk peserta badan usaha yang menunggak sebanyak 45 badan usaha.

Peserta BPJS yang menunggak diharapkan untuk segera melunasi tunggakannya, karena telah memiliki kewajiban untuk gotong royong dan saling membantu. Tunggakan iuran dapat dibayar melalui instansi yang telah bekerjasama dengan BPJS seperti melalui Kantor Pos Indonesia, Indomaret, Alfamart, ATM, dan Tokopedia.

Diberitahukan bahwa bagi peserta mandiri yang memiliki tunggakan sampai dua tahun, maka peserta harus membayar tunggakan maksimal 12 bulan, plus iuran satu bulan berjalan, setelah itu status kepesertaannya akan diaktifkan kembali. Contohnya : Jika anda menunggak 2 tahun, tapi anda cukup bayar 13 bulan saja. 

Sesuai dengan ketentuan yang berlaku, peserta yang baru saja diaktifkan apabila dalam 45 hari kedepan mengalami rawat inap menggunakan BPJS maka akan dikenakan sanksi pelayanan misalnya biaya rawat inap. Untuk penjelasannya silahkan baca artikel berikut ini : Aturan Denda Rawat Inap

Sumber Informasi : http://nasional.republika.co.id/berita/nasional/daerah/18/04/20/p7h9ml399-tunggakan-peserta-mandiri-bpjs-sleman-capai-puluhan-miliar

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.