Punya Tekanan Darah Tinggi? Inilah 5 Tips Agar Puasa Tetap Lancar

Tekanan Darah Tinggi

Orang yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi akan lebih mudah merasa pusing dan mual ingin muntah, apalagi ketika sedang berpuasa, karena tubuh mulai mengurangi produksi hormon tertentu yang dapat menyebabkan tekanan darah cenderung naik.

Tekanan Darah pada kondisi normal (orang sehat) berkisar antara 90/60 mmHg sampai 120/80 mmHg. Namun, seseorang yang menderita tekanan darah tinggi memiliki tekanan darah mencapai 140/90 mmHg. 

Tentu penyakit seperti ini sangat mengganggu ketika menjalankan ibadah puasa, maka dari itu dalam kesempatan ini kami akan memberikan 5 tips bagi penderita darah tinggi agar puasa tetap lancar.

1. Periksa ke Dokter Secara Rutin

Jika anda mengidap penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi maka sangat dianjurkan untuk melakukan kontrol ke dokter secara rutin untuk memantau kondisi kesehatan. Dokter akan memutuskan apakah anda boleh berpuasa atau justri harus puasa.

Biasanya dokter akna memberikan resep obat obat antihipertensi untuk membantu mengendalikan tekanan darah tinggi saat berpuasa. Tanyakan pada dokter, mengenai cara minum obat dan kapan waktunya.

2. Banyak-Banyak Minum Air Putih

Ketika berpuasa kita akan kekurangan cairan, apalagi jika melakukan aktivitas berat maka dari itu kita dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih pada saat sahur dan buka. Air dapat membantu mengendalokan tekanan darah tinggi saat puasa.

Wajib bagi anda untuk memenuhi cairan didalam tubuh Anda minimal 8 gelas air. Air akan membantu anda dan bermanfaat untuk mencegah dehidrasi saat puasa yang dapat mengembangkan risiko komplikasi hipertensi di kemudian hari.

3. Hindari Makanan yang Mengandung Tinggi Garam

Makanan tinggi garam merupakan pemicu terbesar mengalami tekanan darah tinggi. Maka dari itu, anda harus menghindari makanan yang tinggi garam pada saat sahur dan buka puasa. Seperti : Telur Asin, Acar, Kacang Asin, Sosis, Keju, keripik dan sebagainya.

Begitu juga dengan masakan anda sendiri, anda dapat membuat makanan khusus yang kadar garamnya tidak terlalu banyak, hal ini akan membantu menurunkan tekanan darah sekitar 5-6 mmHg. Tentu ini akan mejaga jantung tetap sehat.

4. Banyak-Banyak Makan Buah dan Sayur

Buah dan Sayur merupakan sumber makanan yang paling penting dan harus tersedia pada menu makan sahur atau berbuka. Buah dan Sayur memiliki kandungan kalian yang tinggi yang dapat mengurangi efek natrium pada darah, tentu ini bermanfaat untuk menjaga tekanan darah tetap stabil saat berpuasa.

5. Olahraga dan Istriahat yang cukup

Olahraga secara teratur merupakan cara terbaik untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Bahkan, sebuah penelitian menunjukkan bahwa aktivitas fisik yang dilakukan oleh orang yang berpuasa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Anda tidak perlu melakukan olahraga intensitas tinggi yang bikin cepat lelah. Pilih olahraga intensitas ringan seperti jogging atau bersepeda di pagi atau sore hari. Yang terpenting adalah usahakan untuk rutin berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari untuk menurunkan 5-8 mmHg pada tekanan darah.

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.