5 Tips Sehat Bagi Ibu Hamil Saat Menjalankan Ibadah Puasa

tips sehat bagi ibu hamil saat puasa
foto: mamikos.com

Menjalankan ibadah puasa ramadhan menjadi kewajiban bagi semua orang yang memeluk agama islam, hanya ada beberapa orang yang boleh tidak berpuasa yaitu wanita haid, orang gila, anak kecil yang belum baligh, orang yang sudah lanjut usia, dan orang sakit.

Selain yang telah disebutkan diatas wajib untuk berpuasa, lalu bagaimana bagi ibu hamil? apakah menjalankan ibadah puasa aman bagi ibu hamil dan bayi yang ada didalam kandungan.

Ibu hamil boleh menjalankan ibadah puasa saat dalam kondisi sehat, namun jika dalam keadaan sakit atau mabok (morning sickness) sehingga mengkhawatirkan terhadap kesehatan ibu dan bayi maka diperbolehkan tidak berpuasa dan wajib mengganti di hari lain.

Tapi bagi ibu hamil yang sehat maka selama kuat menjalankan ibadah puasa maka itu lebih baik. Ibu hamil dapat berpuasa dengan lancar pada saat memasuki usia kandungan 13 minggu hingga 37 minggu.

Bagi ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa dan agar puasanya lancar, tetap sehat selama menjalankan puasa di bulan ramadhan maka dapat mengikuti tips sehat yang kami rangkum dibawah ini :

1. Minum Susu Ibu Hamil saat Buka dan Sahur

Saat ini telah banyak susu yang diformulasikan khusus untuk ibu hamil yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk memenuhi kebutuhan bagi janin. Bagi ibu hamil yang menjalankan puasa tak perlu khawatir lagi, lengkapi kebutuhan si kecil dengan minum susu disaat buka dan sahur.

2. Mengkonsumsi Buah-Buahan Segar antara Waktu Buka dan Sahur

Orang yang berpuasa boleh makan dan minum ketika waktu buka hingga waktu sahur, itu artinya semalam penuh ibu hamil bisa mengkonsumsi buah-buahan segar seperti buah pear, buah apel, alpukan, jeruk dan sebagainya.

Mengkonsumsi buah sangat dianjurkan bagi ibu hamil agar tetap sehat, dan kandungan yang ada dalam buah dapat melengkapi kebutuhan gizi si kecil yang ada didalam kandungan.

3. Minum Suplemen Makanan seperti Promavit

Telah tersedia berbagai jenis suplemen makanan bagi ibu hamil seperti promavit, folavit dan sebagainya. Dalam suplemen makanan ini telah terkandung mineral, zat besi, asam folat, dan berbagai vitamin yang dibutuhkan janin.

Maka dari itu, ibu hamil yang hendak menjalankan ibadah puasa maka sebaiknya mengkonsumsi suplemen makanan disaat buka atau sahur agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dengan baik.

4. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Saat berpuasa kita akan mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan dalam tubuh, namun selama kebutuhan air putih tercukupi maka tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan.

Kita diwajibkan untuk mengkonsumi air sebanyak 8 gelas dalam sehari, anda dapat mencukupi kebutuhan tersebut pada waktu antara buka dan sahur. Khusus ibu hamil dapat mengkonsumsi air putih lebih dari 8 gelas, diatur saja waktunya.

5. Mengkonsumsi Makanan Berprotein, Zat Besi, Serat

Pada waktu berbuka puasa siapkan makanan yang bergizi antara lain seperti daging, telur, ikan, dan untuk melengkapi kebutuhan serat ibu bisa mengkonsumsi sayur-sayuran.

Begitu juga diwaktu sahur, lengkapi kebutuhan yang sama agar tubuh ibu hamil tetap bugar dan sehat selama menjalankan ibadah puasa. Puasa disaat bulan ramadhan bukan menjadi masalah bagi ibu hamil.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.