Apakah Anda Telat Bayar BPJS 1 Minggu?

telat bayar bpjs 1 minggu

Telat membayar iuran bpjs masih banyak dialami oleh peserta BPJS Kesehatan, banyak alasan mengapa mereka telat bayar, ada yang telat 1 minggu, telat 1 bulan, telat 1 tahun, bahkan ada yang sampai 4 tahun lebih.

Bagi peserta bpjs yang telah membayar iuran setiap bulannya maka status kepesertaannya akan di hentikan sementara dan tidak bisa digunakan sampai yang bersangkutan melunasi tagihan iuran yang belum terbayar.

Mungkin anda saat ini termasuk salah satu peserta yang sedang mengalami keterlambatan bayar iuran 1 minggu (dibawah 1 bulan). Apakah jika telat 1 minggu atau dibawah 1 bulan status di nonaktifkan??

Telat bayar iuran bpjs selama 1 minggu belum termasuk terlambat bayar iuran, sehingga status bpjs masih tetap aktif dan bisa digunakan, namun segeralah bayar tagihan tersebut jika ingin menggunakan kartu bpjs untuk berobat.

Apabila terlambat 1 bulan maka status bpjs barulah akan di nonaktifkan sementara, dalam kondisi non-aktif maka peserta tidak bisa menggunakan kartu tersebut sampai peserta membayar tagihannya.

Contoh: Pembayaran terakhir bpjs paling lambat tanggal 10 setiap bulannya, apabila tanggal 10 bulan ini menunggak sampai tanggal 10 bulan depannya maka itu dihitung telat 1 bulan. 

Konsekwensi yang harus diterima peserta yang menunggak yaitu ketika bpjs nya di aktifkan kembali dan peserta menggunakan bpjs untuk rawat inap maka akan dikenakan urun biaya 2.5% dari total biaya rawat inap dikali jumlah bulan menunggak atau maksimal Rp30juta.

Misal: Anda telat bayar 1 tahun dan setelah dibayar lunas ternyata digunakan untuk rawat inap habis sekitar Rp10juta maka anda akan dikenakan urun biaya 2.5% dari Rp10juta yaitu sebesar Rp250.000*12 bulan (menunggak 1 tahun) jadi Rp3juta dan sisanya akan dibayar oleh BPJS Kesehatan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, mudah-mudahan dapat memberikan pencerahan bagi anda sebagai peserta BPJS. Jangan sampai telat bayar iuran jika tidak ingin status bpjs di nonaktifkan. terima kasih


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

2 COMMENTS

  1. bohong, buktinya saya bayar iuran agustus pada tanggal 1 september dan langsung 2 bulan (agustus-september), status bpjs saya “anda memasuki masa denda pelayanan rawat inap tingkat lanjut (ritl) mulai 01-09-2019 sampai 16-10-2019”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.