Stimulasi Bayi Usia 4 – 5 Bulan yang Belum Bisa Tengkurap Sendiri

Bayi Belum Bisa Tengkurap

Perkembangan bayi dari bulan ke bulan berubah dengan cepat termasuk ketika memasuki usia 3-6 bulan saat dimana bayi sudah bisa menengkurapkan tubuhnya. Sebagai orangtua tentu senang ketika bayi sudah bisa tengkurap sendiri, hal ini menandakan bahwa bayi tumbuh dengan baik dan memiliki kepandaian baru dalam bergerak.

Pada umumnya bayi pada usia 3 – 6 memang sudah saat nya menengkurapkan diri, Bayi bisa tengkurap merupakan bagian urutan terpenting dari rangkaian perkembangan kemampuan motorik bayi  hingga akhirnya mereka bisa berjalan dan berlari.

Tapi perkembangan setiap bayi berbeda – beda, ada juga bayi yang belum bisa tengkurap pada usia 4 sampai 5 bulan. Orangtua tidak perlu khawatir terhadap Fase perkembangan bayi yang belum bisa tengkurap (telat tengkurap) pada usia umumnya.

Faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan bayi untuk dapat menengkurapkan tubuhnya sendiri salah satunya adalah fakor berat badan bayi yang semakin gemuk. Maka anda perlu Menstimulasi Bayi anda agar dapat tengkurap sendiri, caranya sebagai berikut  :

  • Tengkurapkan bayi pada kedua paha anda secara perlahan. Posisi seperti ini akan membuat kepala bayi tergantung dan melatih dirinya untuk dapat mengangkat kepalanya sendiri.
  • Mulailah melatih bayi anda untuk tengkurap setiap hari dalam waktu yang seingkat. Bantu bayi untuk membalikkan tubuhnya dan biarkan ia berada dalam posisi tengkurap selama 2-3 menit. Bila bayi telah terbiasa anda bisa meningkatkan durasinya menjadi 7-10 menit sehari
  • Jika bayi anda belum dapat mengangkat kepalanya sendiri, maka bantulah bayi dengan cara memberikan sanggahan berupa bantal untuk menopang dagunya. Namun tetap perhatikan pengawasan anda demi keamanaan si bayi.
  • Posisi lain dalam menengkurapkan bayi, anda bisa meletakan bayi diatas tubuh anda yang terlentang dan biarkan bayi tengkurap. Posisi ini akan menjaga kontak mata bayi dengan anda dan membuat bayi merasa terlindungi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply