Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

Perbedaan Kelas BPJS Kesehatan

BPJS memberikan penawaran kepada peserta bpjs untuk mendaftar dengan memilih 3 jenis kelas, pada dasarnya tidak ada perbedaan untuk setiap kelas yang dipilih peserta ketika melakukan berobat jalan baik untuk pelayanan ataupun obat yang didapatpun sama. 

Peserta dapat memilih kelas sesuai dengan kemampuan, yaitu tersedia paket kepesertaan kelas 1 , kelas 2, kelas 3 dengan biaya atau harga iuran perbulan yang berbeda. Untuk kelas 1 anda harus membayar iuran Rp80 ribu, kelas 2 Rp51.000 dan kelas 3 Rp25.500.

Selain perbedaan pada biaya iuran, terdapat Perbedaan lain yang harus di ketahui peserta mengenai Kelas BPJS Kesehatan yaitu Perbedaan masing – masing kelas jika peserta menggunakan untuk rawat inap di rumah sakit / faskes 1, dimana peserta akan mendapatkan fasilitas rawat inap disesuaikan dengan kelas yang dipilih.

Perbedaan BPJS kelas 1, 2 dan 3 adalah:

1. BPJS Kesehatan kelas 1 berhak menempati kamar rawat inap kelas 1. Kamar perawatan kelas 1 biasanya diisi oleh sekitar 2-4 pasien.

2. BPJS Kesehatan kelas 2 berhak menempati kamar rawat inap kelas 2. Kamar perawatan kelas 2 biasanya diisi oleh sekitar 3-5 pasien.

3. BPJS Kesehatan kelas 3 berhak menempati kamar rawat inap kelas 3. Kamar perawatan kelas 3 biasanya diisi oleh sekitar 4-6 pasien.

Perbedaan BPJS kelas 1, 2, dan 3 pada tarif INA-CBGs

Tarif INA-CBGs adalah tarif untuk klaim dari RS ke BPJS berdasarkan sistem paket, sesuai group penyakit. Misalnya diagnosa stroke, tarif untuk BPJS kelas 1 adalah 6 juta, tarif BPJS kelas 2 adalah 5 juta, dan tarif BPJS kelas 3 adalah 4 juta. (besaran biaya ini hanya contoh saja, bukan klaim yang sebenarnya). Semakin tinggi kelas jelas semakin mahal karena biaya kamar semakin mahal.

Perbedaan BPJS Kelas 1, 2 dan 3 pada hak naik kelas perawatan

  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 1 boleh minta naik kelas perawatan ke ruang VIP
  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 2 boleh pindah ruang perawatan ke kelas 1
  • Peserta BPJS Kesehatan kelas 3 tidak bisa pindah kelas perawatan ke kelas 2 maupun kelas 1

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply