5 Hal yang Harus disiapkan Saat Akan Melahirkan dengan BPJS Kesehatan

ketahui 5 hal ketika akan melahirkan dengan bpjs

Perlu diketahui bahwa BPJS Kesehatan akan memberikan jaminan kepada peserta yang akan melahirkan sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Jika memang saat ini anda memiliki rencana ingin melahirkan menggunakan kartu BPJS maka perlu mengetahui 5 hal yang perlu di persiapkan.

1. Prosedur melahirkan dengan BPJS

Ketika anda merasa akan melahirkan maka anda pergilah ke faskes 1 yang tertera pada kartu peserta anda, anda tidak diperkenankan langsung ke rumah sakit kecuali jika dalam keadaan darurat.

Atau jika fasilitas pada faskes 1 tidak memadai maka anda berhak mendapatkan rujukan ke rumah sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Bawa surat rujukan yang diberikan faskes 1 ketika ke RS.

2. Cara Meminta Surat Rujukan

Sebenarnya rujukan ke rumah sakit tidak bisa diminta, kecuali jika memang benar-benar dibutuhkan secara medis seperti fasilitas tidak memadai, keadaan darurat yang mengharuskan pasien ke rs maka faskes akan mengeluarkan surat rujukan tanpa diminta.

Surat rujukan memiliki masa berlaku kurang lebih 1 bulan dan hanya untuk tiga kali pemeriksaan saja. Jika sudah habis, maka anda perlu mengurusnya kembali.

3. Lengkapi Syarat-Syarat Dokumen

Ibu hamil tentu mengetahui kapan akan melahirkan yaitu melalui informasi HPL yang diberitahukan oleh bidan atau dokter kandungan yang memeriksa anda sebelumnya.

Sehingga jauh-jauh hari harus sudah menyiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan, agar tidak kebingungan saat akan melahirkan nanti. Berikut syarat dokumennya :

  • Membawa KTP asli dan fotokopinya (identitas ibu hamil).
  • Membawa kartu BPJS asli dan fotokopinya
  • Membawa Kartu Keluarga asli dan fotokopi
  • Surat rujukan dari faskes 1.
  • Buku kesehatan atau pemeriksaan ibu dan bayi.

4. Ketentuan Melahirkan di Rumah Sakit

Ketika akan melahirkan menggunakan BPJS, tidak bisa langsung dibawa ke Rumah Sakit kecuali dalam keadaan darurat (seperti Pendarahan), harus ke Faskes 1 terlebih dahulu. Jika memang mengharuskan ke RS, nanti pihak faskes akan memberikan surat rujukan.

Bawa surat rujukan yang diberikan faskes 1 ke rumah sakit, surat rujukan dibutuhkan saat melakukan registrasi. Bagi ibu yang melahirkan bisa langsung mendapatkan penanganan dari dokter.

5. Daftarkan Bayi Setelah Lahir

Pendaftaran bayi dalam kandungan sudah tidak berlaku lagi, maka setelah bayi anda lahir segera daftarkan menjadi Peserta BPJS, kelas yang dipilih disesuaikan dengan kelas yang dipilih oleh orangtuanya.

Anda memiliki waktu 3×24 jam untuk segera mendaftarkan bayi nya menjadi peserta BPJS Kesehatan, bawalah surat keterangan lahir, kartu bpjs orangtua, kartu keluarga.

Baca Disini: Bayi Daftar BPJS Setelah Lahir


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI