4 Resiko Penyakit Ketika Langsung Tidur Setelah Sahur

bahaya tidur setelah sahur

Sebelum menjalankan puasa sangat disarankan untuk sahur terlebih dahulu sebelum waktu subuh tiba (dari jam 3-4.30), tujuannya agar tubuh memiliki energi untuk bisa menjalankan aktivitas dengan lancar dikeesokan harinya saat berpuasa.

Saat sahur hindari yang makanan yang terlalu pedas, makanan yang asin berlebihan, dan makanan berlemak tinggi. Makanan tersebut dapat menyebabkan penyakit yang mengganggu kesehatan sehingga perlu di hindari saat sahur.

Biasanya banyak orang setelah makan sahur melanjutkan tidurnya, karena rasa kantuk yang tak tertahankan. Namun perlu diketahui bahwa tidur setelah makan sahur itu tidak baik bagi kesehatan, dan dapat beresiko beberapa penyakit.

5 Resiko Penyakit Ketika Langsung Tidur Setelah Sahur

Baiklah, pada kesempatan ini kami akan membahas mengenai 5 resiko penyakit yang dapat timbul karena melakukan kebiasaan tidur setelah sahur. Berikut daftar penyakit yang bisa terjadi :

1. Asam Lambung

Apakah anda mengalami rasa panas seperti terbakar diarea tenggorokan atau dibagian tubuh lainnya? itu karena penyakit asam lambung.

Penyakit asam lambung dapat timbul pada saat letak katup antara kerongkongan dan lambung tidak menutup. Jika tidak segera diobati maka akan menjalar pada penyakit lainnya.

2. Gastroesophageal Reflux Disease (GERD)

Tidur setelah sahur akan menyebabkan gangguan kesehatan pada sistem pencernaan. Tubuh akan mencerna dengan baik ketika dalam posisi tegak, tapi kalau anda tidur maka akan mengganggu proses pencernaan tersebut.

Salah satu penyakit sistem pencernaan yang dapat muncul yaitu GERD, dengan gejala yang timbul seperti dada terasa panas seperti terbakar, hal ini disebabkan karena asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Heatburn (Dada Seperti Terbakar)

Penyakit ini timbuh akibat kelebihan asam lambung sehingga anda akan merasakan sensasi terbakar pada dada dan tenggorokan.

Seseorang yang mengalami Heatburn juga akan merasakan gejala seperti suara serak, sering batuk diwaktu malam, dan terjadi radang tenggorokan.

4. Resiko Stroke

Stroke akan mengancam bagi siapa saja yang langsung tidur setelah makan, termasuk tidur setelah makan sahur. Anda bisa menunggu hingga melaksanakan shalat subuh dan beberapa aktivitas pagi terlebih dahulu.

Jika memang anda tidak kuasa menahan ngantuk setelah makan sahur, maka disarankan untuk duduk santai jangan langsung rebahan.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.