Prosedur Pembuatan Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Prosedur Mendapatkan Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Prosedur Mendapatkan Kacamata dengan BPJS Kesehatan

Bagi peserta BPJS Kesehatan yang memiliki gangguan pengelihatan Mata seperti Mins atau Plus bisa mengdapatkan jaminan kesehatan berupa alat bantu Kacamata. BPJS akan menanggung biaya pembuatan kacamata yang dapat membantu pengelihatan peserta. 

Untuk bisa mendapatkan kacamata, terdapat prosedurnya. Untuk mengurusnya peserta harus Ambil Rujukan Dari Faskes Pertama , faskes yang tertera pada kartu peserta. Ketika datang ke faskes bisa konsultasi untuk bisa mendapatkan kacamata yang ditanggung BPJS kesehatan, nanti peserta akan mendapatkan rujukan ke rumah sakit yang ada poli mata sesuai rayon faskes peserta.

Kemudian peserta akan mendapatkan Resep Kacamata yang harus dilegalisasi dirumah sakit tersebut, akan tetapi rumah sakit tersebut belum bisa melakukan legalisasi resep kacamata, maka peserta dapat datang ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan legalisasi resep kacamata yang telah didapat.

Setelah dilegalisasi, kemudian peserta datang optik yang sudah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan salah satunya Optik Internasional, anda bisa melihat daftar optik yang bekerjasama dengan BPJS di Fitur Fasilitas Kesehatan. Kacamata masuk kedalam pertanggungan BPJS alat bantu kesehatan, maka untuk kelas I, BPJS menanggung biayanya sebesar Rp 300 ribu, kelas II sebesar Rp 200 ribu dan kelas III / PBI sebesar Rp 150 ribu.

Dan ukuran kacamata yang dijamin adalah:

a). Untuk lensa spheris, minimal 0.5 Dioptri;

b). Untuk lensa silindris minimal 0.25 Dioptri.

Terima kasih.

Kutipan Penjelasan ini disampaikan Hafiz Azzikri selaku Departemen Hukum, Komunikasi Publik, Kepatuhan dan Keuangan BPJS Kesehatan Divisi Regional I dilanir pada laman Medan.TribunNews.Com

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply