Kacamata dapat ditanggung oleh BPJS Kesehatan

Kacamata ditanggung BPJS Kesehatan

Kacamata ditanggung BPJS Kesehatan

Bagi peserta yang memiliki kelemahan pada pengelihatan baik itu minus maupun plus, maka bisa menggunakan bantuan kacamata agar bisa melihat dengan jelas. Harga kacamata bervariatif tergantung dari jumlah mins atau plus nya dan model dari frame yang digunakan, jika ingin menggunakan bpjs anda bisa datang ke optik yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Karena BPJS Kesehatan juga memberikan fasilitas layanan kepada peserta untuk mendapatkan kacamata gratis. Tentu untuk mendapatkan ini semua peserta memenuhi ketentuan yang berlaku. Agar anda bisa mendapatkan kacamata dengan ditanggung oleh BPJS Kesehatan, maka harus memenuhi syarat berikut :

Peserta memenuhi ketentuan indikasi medis, yaitu peserta dapat berobat terlebih dahulu ke asilitas kesehatan tingkat pertama (dokter keluarga / Puskesmas / Klinik pratama) yang tertera pada kartu, jika harus dirujuk maka faskes akan merujuk ke rumah sakit. Selanjutnya peserta akan mendapat kacamata sesuai dengan rekomendasi dokter, yang dibuktikan dengan hasil pemeriksaaan mata.

BPJS akan menanggung kacamata peserta hanya 2 tahun sekali, jadi anda juga harus bisa merawat kondisi kacamata agar tetap dalam kondisi baik, tidak gores (untuk lensa mika) atau tidak pecah (untuk lensa kaca). Maka dari itu anda perlu membaca tips merawat kacamata agar tidak cepat rusak, dan anda juga perlu mengkonsumsi makanan mengandung vitamin A agar mata tetap sehat, sehingga mins atau plusnya bisa berkurang, paling tidak tetap tidak bertambah.

Dan ukuran kacamata yang dijamin adalah:

a). Untuk lensa spheris, minimal 0.5 Dioptri;

b). Untuk lensa silindris minimal 0.25 Dioptri.

Besaran tanggungan yang dijamin BPJS  :

  • PBI/Hak rawat kelas 3: Rp150.000
  • Hak rawat kelas 2: Rp200.000
  • Hak rawat kelas 1: Rp300.000

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply