Peserta Bisa Pindah FKTP 3 Bulan Sekali

Puskesmas Dinoyo Malang

FKTP merupakan singkatan dari Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (Faskes 1) yang menjadi tempat pertama kali peserta BPJS untuk berobat. Maksudnya adalah ketika peserta sakit maka wajib berobat dulu ke faskes 1 (puskesmas atau klinik) sebelum mendapatkan rujukan ke rumah sakit.

Kecuali jika dalam keadaan darurat maka peserta yang sakit bisa langsung dibawa kerumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS. Anda perlu membaca ketentuan yang berlaku mengenai sakit yang masuk dalam kategori gawat darurat.

Kembali ke topik pembahasan yaitu mengenai FKTP. FKTP yang anda gunakan akan ditulis pada kartu peserta, itu artinya peserta dapat berobat ke faskes yang tertulis pada kartunya, tidak diperkenankan ke faskes selain itu, jika anda ingin pindah faskes maka dapat mengurusnya di kantor BPJS.

Syarat dan Bagaimana Cara Pindah Faskes?

Berbagai alasan yang melatarbelakangi peserta memutuskan untuk pindah faskes (fktp), seperti fasilitas yang diberikan tidak sesuai atau fasilitas tidak mumpuni, memiliki pelayanan yang kurang baik, terlalu jauh dari tempat tinggal, atau lainnya.

Untuk pindah faskes silahkan anda mengurusnya di kantor BPJS sesuai dengan domisili. Pada saat ingin melakukan pengajuan pindah faskes harap melengkapi persyaratan seperti :

  1. KTP
  2. Kartu BPJS
  3. Kartu Keluarga

Berapa kali peserta bisa mengajukan Pindah FKTP?

pindah fktp

Banyak peserta yang menanyakan kepada kami mengenai berapa kali peserta bisa pindah faskes? apakah ada batasan maksimal? Baiklah, pada kesempatan kali ini kami akan membantu menjawab pertanyaan tersebut.

Peserta dapat mengajukan permohonan pindah faskes / fktp di kantor bpjs sesuai dengan domisili dan membawa persyaratan yang diperlukan seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya. Peserta yang ingin mengajukan pindah faskes harus sudah terdaftar minimal 3 bulan aktif.

Adapun untuk berapa kali peserta BPJS bisa mengajukan pindah FKTP? yaitu tanpda batasan, bisa dilakukan setiap 3 bulan sekali. Dan itupun sesuai dengan kebutuhan dan keperluan, tidak bisa asal pindah semaunya. Selanjutnya untuk cetak ulang kartu bisa ke kantor cabang BPJS Kesehatan sesuai domisili peserta..

“Ubah faskes 1 tidak ada batasan. Untu bisa melakukan perubahan faskes 1 bisa dilakukan jika sudah terdaftar 3 bulan di faskes 1 sebelumnya.”

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.