Peserta BPJS Kesehatan Kelas 3 tidak bisa Pindah Kelas Lagi

Ketika mendaftar BPJS Kesehatan sebagai calon peserta akan diminta untuk mengisi formulir dengan data yang benar, termasuk dalam memilih kelas iuran bpjs. BPJS memiliki tiga jenis kelas, ada kelas 1, kelas 2, dan kelas 3.  Perbedaannya hanya terletak pada besarnya iuran dan fasilitas kamar inap yang didapat saat berobat di puskesmas atau rumah sakit, adapun untuk Obat – Obatan seluruh kelas sama.

Kelas 3 BPJS merupakan kelas yang paling rendah dengan iuran yang paling murah yaitu hanya Rp 25.500/bulan. Hanya saja fasilitas kamar yang berbeda, yaitu peserta akan ditempatkan dikamar inap yang mana didalamnya bisa terdiri dari beberapa orang, dan fasilitas kamar yang sederhana.

Kartu Peserta BPJS Faskes 1

Kartu Peserta BPJS Faskes 1

Banyak peserta bpjs yang mengeluh terhadap pelayanan kelas 3 karena ruangan kamar inap di rumah sakit atau di puskesmas terlalu penuh dan sumpek. Tapi memang begitulah fasilitas yang didapatkan bagi peserta bpjs kesehatan kelas 3, baik melalui jalur mandiri, ppu maupun PBI yang sudah dipastikan terdaftar pada kelas 3.

Tapi mohon maaf, bagi peserta BPJS Kesehatan yang telah mendaftar dengan pilihan kelas (kelas III) maka anda tidak bisa lagi pindah kelas, baik itu ke kelas 1 maupun kelas 2. Begitu juga saat dalam perawatan peserta kelas 3 tidak bisa naik meningkatkan ruang kelas perawatannya meski harus membayar selisihnya sendiri, kecuali jika dari awal berobat tidak menggunakan BPJS, maka biaya perawatan tidak di tanggung BPJS.

Baca Juga : Cara Pindah Kelas BPJS

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya terdaftar sebagai anggota bpjs golongan 3 tanggal 15 Agustus kemarin, awal bulan september kemarin saya berhasil transfer untuk tiga orang sebesar Rp76,500. Tapi disaat saya mau transfer untuk bulan oktober ini kok saya pindah ke kepesertaan golongan 2 sehingga harus bayar Rp102,000. Maksudnya bagaimana, kok golongan kepesertaan bisa pindah sendiri?

Leave a Reply