Pasang Gigi Palsu Pakai BPJS

pasang gigi palsu dengan bpjs

Kesehatan mulut dan gigi memang perlu kita jaga dengan cara selalu menggosok gigi setelah habis makan untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang ada didalam mulut terutama disela-sela gigi.

Apabila tidak dibersihkan maka akan mengalami gangguan kesehatan pada mulut, terutapa pada gigi. Seperti:  gigi kuning, gigi berkarang, gigi berlubang, sariawan, hingga peradangan pada gusi. 

Dengan begitu, gigi menjadi tidak kuat dan berujung pada pencabutan. Ketika gigi orang dewasa dicabut maka tidak akan tumbuh lagi, dengan begitu kita akan mengalami kesulitan untuk menggigit dan mengunyah makanan.

Jika sudah demikian, maka seseorang biasanya melakukan pemasangan gigi palsu. Anda bisa memasang gigi palsu di puskesmas atau didokter spesialis gigi, tentu untuk pemasangan gigi akan dikenakan biaya per gigi palsu yang dipasang. Untuk harga bervariatif tergantung jenis gigi palsu yang dipasang.

Pasang Gigi Palsu Pakai BPJS

Mungkin anda punya rencana ingin pasang gigi palsu pakai bpjs, sehingga anda memiliki pertanyaan apakah akan ditanggung bpjs kesehatan?

Sebelumnya perlu anda ketahui bahwa BPJS Kesehatan hampir semua jenis penyakit ditanggung BPJS Kesehatan termasuk perawatan mulut dan gigi. BPJS akan menanggung biaya perawatan gigi sebagai berikut :

  1. Cabut gigi,
  2. Tambal gigi,
  3. Pasang gigi palsu,
  4. skeling/pembersihan karang gigi

Agar bisa ditanggung BPJS Kesehatan, tentu anda harus menjadi peserta BPJS terlebih dahulu dan dalam status aktif (tidak memiliki tunggakan iuran). Selanjutnya, memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Untuk pasang gigi palsu yang dapat ditanggung BPJS Kesehatan adalah apabila ada indikasi medis dari pekerja medis di faskes 1 atau rumah sakit. Kemudian, bpjs akan memberikan pertanggungan terhadap pemasangan gigi palsu sesuai dengan ketentuan berikut :

  1. paling cepat 2 tahun sekali pada gigi yang sama
  2. masing masing raham Rp500.000

Namun, apabila ternyata ada selisih biaya (lebih mahal) maka kelebihannya itu menjadi tanggungan pasien yang bersangkutan karena memang biaya yang ditanggung bpjs maksimal Rp500.000 (lima ratus ribu rupiah).

Caranya : Jika anda ingin pasang gigi palsu dengan bpjs, maka anda perlu melakukan pemeriksaan dulu di faskes 1. Kemudian jika dikarenakan adanya indikasi medis maka biaya akan ditanggung bpjs kesehatan. Jika, ternyata faskes tidak punya alat atau sdm untuk pasang gigi palsu maka dapat dirujuk ke klinik / puskesmas yang memadai atau ke rumah sakit.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.