5 Obat Sakit Gigi Untuk Anak yang dijual di Apotik

obat sakit gigi anak di apotik

Rasanya sangat kasihan ketika melihat anak kita mengalami sakit gigi, terus nangis sepanjang waktu merasakan sakit cenat-cenut pada giginya. Sakit gigi pada anak biasanya disebabkan oleh gigi yang berlubang.

Tentu kita sebagai orangtua berusaha bagaimana caranya agar sakit gigi pada anak segera sembuh, kasihan dan tak kuasa melihat anak yang kesakitan.

Pertolongan pertama yang dapat dilakukan orangtua adalah memberikan obat yang aman, obat sakit gigi yang aman untuk anak bisa didapatkan di apotik terdekat. Jangan sampai sembarangan memberikan obat kepada anak ya bunda/ayah!!

Baiklah, pada kesempatan hari ini kami dari panduanbpjs.com telah merangkum beberapa nama obat sakit gigi yang aman di minum oleh anak-anak, obat tersebut dapat di beli di apotik dengan harga yang sangat terjangkau.

1. Paracetamol

Sakit gigi bisa muncul secara tiba-tiba tergantung kondisi kesehatan tubuh seseorang, ketika seseorang sedang tidak fit maka ketika ada gigi yang berlubang akan terasa sakit. Salah satu obat yang bisa digunakan adalah Paracetamol.

Paracetamol biasa digunakan untuk obat penurun panas disaat demam, obat ini juga memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit, sehingga cocok juga digunakan untuk mengatasi sakit gigi.

Saat pergi ke apotik bilang saja ingin beli paracematol untuk anak, untuk anak berusia 6 tahun kebawah lebih baik berikan paracetamol syrup, sedangkan jika anak diatasnya bisa menggunakan tablet yang digerus dengan dosis setengah orang dewasa.

Paracetamol termasuk obat yang tergolong ringan dan aman, banyak merek obat  paracetamol seperti sanmol, mirasic dll. Jika, kondisi sakit gigi lebih berat maka bisa gunakan obat yang lain.

2. Ibu Profen

Ibuprofen menjadi salah satu demam yang aman untuk anak, selain itu juga bisa digunakan untuk meredakan rasa sakit pada sakit gigi yang dialami oleh anak. Obat ini memiliki efek antiinflamasi yang dapat mengatasi peradangan pada gusi bengkak.

Obat ibuprofen tersedia di apotik terdekat dalam bentuk tablet dan syrup, sehingga dapat dipilih sesuai dengan tipe orang minum obat. Obat ini diminum setelah makan dan minum air secukupnya.

Pada saat membelinya jangan lupa untuk bertanya kepada apoteker yang bertugas mengenai penggunaan ibuprofen seperti dosis minum, kegunaan, dan efek samping.

3. Asam Mefenamat

Asam Mefenamat merupakan obat yang paling sering digunakan untuk mengatasi sakit gigi pada orang dewasa dan anak diatas 15 tahun. Jika anak anda dibawah 15 tahun maka sebaiknya jangan berikan asam mefenamat ini.

Karena dikhawatirkan dapat mengalami efek samping pada sistem pencernaannya, seperti mual dan perih pada ulu hati. Lebih detail mengenai Penggunaan asam mefenamat bisa tanyakan pada dokter gigi.

Obat ini diminum setelah makan, dan banyak obat sejenis dengan berbagai merek yang bisa kita beli di apotik-apotik terdekat.

4. Cataflam Drops

Cataflam punya 2 jenis yaitu dalam bentuk tablet yang digunakan untuk orang dewasa dan tetes (drops) yang bisa digunakan pada anak-anak. Obat ini banyak tersedia di apotik, dan dosisnya bisa tanyakan kepada apoteker.

Zat aktif yang ada didalam obat ini adalah kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml nya. Tapi perlu anda ketahui bahwa Cataflam Drops ini hanya boleh diminumkan pada anak yang berusia 6 tahun ke atas, dengan dosis 1 mg/kgBB 2 kali sehari.

5. Dentasol (Obat Sakit Gigi)

Jika anak anda mengalami sakit gigi maka obat yang bisa diberikan adalah Dentansol. Penggunaan obat ini yaitu dengan cara di oles atau diteteskan pada bagian gigi atau gusi yang sakit.

Dentasol berbentuk gel (cairan kental) yang memiliki zat patirasa, antiseptik dll. Oleskan saja pada bagian gigi atau gusi yang sakit. Obat ini tidak untuk diminum (ditelan) sehingga harus dikeluarkan.

Disarankan untuk digunakan pada anak yang sudah mengerti cara membuang ludah, dan sudah mengerti terhadap perintah untuk tidak menelannya.

Demikian obat sakit gigi untuk anak-anak yang bisa kami sampaikan, obat-obat tersebut cukup terbilang aman. Namun, tetap jangan abaikan saran dari apoteker yang bertugas diapotik tempat anda membeli obat.

Obat diatas hanya sebagai solusi untuk meredakan rasa sakit, sehingga bisa dimungkinkan dapat kambuh kembali. Untuk mengatasi secara menyeluruh dan sembuh maka disarankan untuk pergi ke dokter spesialis gigi untuk penanganan lebih lanjut.


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI