Varikokel Bisa Menyebabkan Sulit Punya Anak

varikokel bisa menyebabkan sulit punya anak

Masih banyak pasangan suami istri yang sudah menikah tapi hingga kini masih belum memiliki momongan, sulit punya anak bukan hanya karena wanita saja tapi juga bisa disebabkan dari pria.

Salah satu penyebab yang mungkin saja terjadi, mengapa sampai saat ini ada pasangan yang belum dikaruniai anak? yaitu tanpa disadari seorang pria memiliki varikokel. Varikokel adalah varises pada skrotum yang terjadi pada pria yang dapat membawa akibat pria tidak subur.

Seperti yang telah kami sebutkan bahwa varikokel adalah sebauh varises atau pembesaran vena yang terjadi pada skrotum.  Sekitar 15% pria mengalami kondisi seperti ini, varikokel biasanya menyerupai pembesaran diatas testis, tanpa perubahan warna.

Spermaa sehat tidak dapat diproduksi jika testis terlalu panas. Jadi sangat penting vena membantu mendinginkan darah sebelum mengalir ke arteri testis. Seorang pria yang memiliki varikokel tidak mengalami gejala, mungkin hanya akan mengalami masalah kesuburan.

Agar wanita bisa hamil, bukan hanya rahim yang subur tapi sperma dari laki-laki juga harus subur dan sehat, sehingga dapat berenang masih kedalam rahim untuk membuahi sel telur, yang kemudian akan berkembang menjadi embrio dan selanjutnya akan tumbuh menjadi janin.

Varikokel bukanlah penyebab utama seseorang sulit memiliki anak, ada juga pria yang memiliki varikokel tetap bisa memiliki anak, tapi butuh tantangan dan perjuangan tersendiri.

Maka dari itu, jika anda saat ini belum memiliki buah hati setelah menikah lama, perlu melakukan tes kesehatan, termasuk melihat kesuburan terhadap laki-laki. Dengan begitu, anda dapat mengetahui penyebab sesungguhnya.

Sumber: hellosehat(dot)com


Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI