Mimisan Pada Anak – Penyebab dan Pengobatan

Mimisan adalah suatu kondisi dimana hidung mengeluarkan darah, kondisi semacam ini paling sering dialami oleh anak-anak. Nama lain dari mimisan adalah nosebleeds. Ketika mimisan terjadi pada anak, orangtua sering kali merasa khawatir, takut terjadi apa-apa pada anaknya, apalagi frekuensi mimisan yang terlalu sering.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membicarakan apa penyebab dan bagaimana cara mengobati mimisan pada anak serta tindakan apa yang dapat dilakukan untuk mencegah terjadi mimisal pada anak.

Penyebab Mimisan Pada Anak

Udara Kering. Mimisan tidak datang begitu saja, jelas ada penyebabnya. Penyebab yang paling sering membuat anak mimisan yaitu udara lingkungan atau suatu rungan yang kering dan panas. Suhu panas dapat membuat membran hidung menjadi kering sehingga mudah terjadi iritasi dan membuat pembuluh darah dalam hidup pecah.

Pilek. Mimisan biasanya terjadi akibat adanya iritasi pada lapisan hidung, hal ini bisa disebabkan karena penyakit pilek. Gesekan yang terjadi akibat keluar masuknya ingus yang terus-terusan pada anak juga dapat menyebabkan mimisan.

Alergi. Selain pilek dan Udara yang kering, mimisan juga bisa disebabkan karena rinitis alergi. Untuk mengatasi alergi pada hidung bisa minum obat dari dokter seperti antihistamin atau dekongestan untuk mengatasi hidung gatal, berair, atau tersumbat.

Cedera. Mimisan bisa saja terjadi karena hidung mengalami cedera, seperti terkena pukulan atau benturan.

Selian penyebab mimisan, kami juga memberikan beberapa tips untuk mengatasi mimisan pada anak. Apabila mimisan tak kunjung berhenti setelah 10 menit, maka segera bawa anak anda ke dokter untuk mendapatkan tindakan medis.

Mimisan Pada Anak
Mimisan Pada Anak

Mengatasi Mimisan pada Anak 

Orangtua jangan terlalu panik dengan mimisan yang terjadi pada anak, anda dapat melakukan beberapa tindakan penanganan untuk mengatasi mimisan pada anak. Mimisan pada anak memang terlihat mengerikan tapi biasanya tidak terlalu berbahaya.

  • Jangan panik, Anda harus bisa tenang dan buat anak tenang.
  • Kemudian, dudukan anak dengan tegak dikursi atau pakuan.
  • Tundukan kepala anak sedikir kedepan.
  • Pencet lembut hidung anak dengan dilapisi tisu atau kain lap bersih,
  • Tahan dan tekan selama 10 menit.
  • Instruksikan anak agar bernafas melalui mulut selama hidungnya Anda pencet.

Hindari memposisikan anak dengan tidur terlentang pada saat mengalami mimisan, jangan menengadah kepala ke atas. Karena jika ini dilakukan akan berisiko terjadinya aliran darah ke tenggorokan dan kerongkongan yang sangat berbahaya (sesak nafas, muntah) dan jangan Menggosok atau menggoyang hidung segera setelah mimisan berhenti. Karena hal ini akan membuat anak mimisan lagi.

Apabila anda sudah melakukan tips diatas selama 2 kali, kok masih saja mengeluarkan darah (mimisan). Maka segera bawa anak anda ke dokter untuk diperiksa, karena dikhawatirkan itu bukan pendarahan biasa, ada faktor lain yang menyebabkan mimisan.

Mimisan pada anak memang biasanya tidak bahaya, tapi mimisan yang terlalu sering atau tidak bisa berhenti, maka bisa jadi ada masalah lain yang lebih serius. Apabila anak anda mengalami mimisan lebih dari satu kali dalam seminggu, maka harus diperiksakan ke dokter.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.