Mengenal Penyebab dan Gejala Penyakit Hepatitis B

Penyebab dan Gejala Hepatitis B

Hati merupakan salah satu organ yang paling penting dalam tubuh manusia yang memiliki beragam fungsi, salah satunya memproduksi cairan empedu untuk membantu menetralisis racun yang masuk melalui sistem pencernaan. Ketika hati bermasalah maka seseorang dapat terserang penyakit dengan mudah.

Jumlah hati dalam tubuh hanya ada 1 buah, maka kita perlu menjaga nya agar tidak rusak. Termasuk kita harus waspada dengan virus hepatitis B yang dapat menyerang hati. Berdasarkan data dari WHO diperkirakan lebih dari 780.000 kematian tiap tahun di dunia di sebabkan karena hepatitits B.

Hepatitis B merupakan salah satu jenis penyakit yang disebabkan virus menular, penularan virus dapat melalui darah dan cairan tubuh, misalnya sperma dan cairan vagina. Virus Hepatitis B jauh lebih mudah menular dibandingkan Virus HIV.

Selain melalui hubungan seksual. Ada beberapa cara lain yang dapat menyebabkan penularan virus Hepatitis B ini, seperti menggunakan sikat gigi, alat cukur, handuk yang telah terkontaminasi, menggunakan jarum suntik, kontak langsung dengan penderita ketika ada luka yang terbuka, transfusi darah, menggunakan alat tato umum, dan berbagai macam lainnya bahkan ibu yang menderita dapat menularkan virus ini kebayinya.

Gajala Penyakit Hepatitis B

Sering kali gejala penyakit ini tidak langsung dirasakan, bahkan terkadang gejala tersebut tidak muncul karena penderita memiliki kekebalan tubuh yang berjuang melawan virus tersebut. Maka banyak orang yang tidak sadar kalau dirinya telah terinfeksi hvirus hepatitis B didalam tubuhnya.

Virus Penyakit Hepatitis B memiliki masa inkubasi 1-5 bulan sejak tertular virus.  Inkubasi adalah rentan waktu mulai dari masuknya virus kedalam tubuh hingga timbul gejala – gejala hepatitis B, dan gejala akan hilang dalam 30 – 90 hari. Adapun gejala yang timbul ketika seseorang menderita penyakit hepatitis B yaitu :

  • Kehilangan nafsu makan
  • Mual dan muntah.
  • Penurunan berat badan.
  • Gejala yang menyerupai flu
  • Nyeri perut.
  • Lemas dan lelah.
  • Sakit kuning (kulit dan bagian putih mata yang menguning).

Jika ada gejala-gejala tidak biasa yang berlangsung selama berhari-hari atau Anda merasa telah terpapar virus hepatitis B, periksakanlah diri Anda ke dokter. Infeksi hepatitis B dapat dicegah dengan pengobatan. Tetapi perlu diingat bahwa pengobatan ini hanya efektif jika dilakukan dalam 48 jam setelah terjadi pajanan. Meski demikian, proses ini juga terkadang bisa efektif sampai satu minggu.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply