Melahirkan di Luar Kota dengan Kartu BPJS

Melahirkan dengan BPJS Kesehatan

Seorang wanita memiliki perjuangan yang luar biasa yaitu mengandung selama 9 bulan, yang paling menegangkan adalah saat melahirkan segala resiko dapat terjadi maka sangat penting bagi ibu hamil menjaga kesehatan agar dapat melahirkan normal dengan lancar dan mudah.

Hal yang terpenting lagi adalah telah terdaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan karena melahirkan membutuhkan biaya yang cukup lumayan dan ketika terjadi resiko, maka anda tidak perlu khawatir lagi karena BPJS akan memfasilitasi dan menanggung biaya pengobatannya.

Bagi keluarga baru atau ibu hamil yang mengandung pertama kali biasanya ingin melahirkan dirumah orang tua yang terkadang berada diluar domisili atau seorang istri yang ikut suaminya pergi bekerja keluar daerah dalam kondisi hamil dan berbagai macam keadaanlainnya yang mengharuskan anda melahirkan di luar kota.

Sehingga memiliki sebuah pertanyaan, apakah bisa menggunakan kartu bpjs saat melahirkan di daerah lain? bisakah melahirkan dengan bpjs di kota lain? dan sebagainya.

Tentu jawabnya BISA, namun anda harus mengikuti prosedur yang berlaku dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Lantas Apa prosedurnya? dan Apa Persyaratan tersebut?

1. Prosedur 1 : Membawa Surat Pengantar dari Kantor BPJS

Anda harus membawa surat pengantar dari kantor BPJS di tempat anda berada saat ini, misal anda ingin melahirkan di Bogo maka anda harus membawa surat pengantar dari Kantor BPJS Bogor, hal ini agar tidak ditolak di Faskes 1 yang ingin menjadi tempat bersalin.

Untuk mendapatkan surat pengantar, silahkan bawa surat pengantar terlebih dahulu dari RT/RW setempat yang kemudian anda bawa ke Kantor BPJS untuk meminta surat pengantar. Namun sebelumnya tentukan dulu faskes mana yang ingin anda pilih.

Singkat nya seperti ini :

  1. Tentukan Dulu Faskes 1 yang ingin anda pilih untuk bersalin
  2. Datang ke RT/RW minta surat pengantar ke BPJS
  3. Pergi ke Kantor BPJS dengan membawa surat dari RT/RW untuk mendapatkan surat pengantar
  4. Anda pergi ke faskes 1 tersebut dengan membawa KTP, Kartu Peserta, KK dan syarat lainnya.

2. Prosedur 2 : Jika Darurat Langsung Bawa Ke Rumah Sakit

Jika dalam keadaan darurat maka anda tidak perlu membawa surat pengantar dari kantor BPJS, anda bisa langsung membawa istri anda ke Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Bawa semua syarat administrasi yang diperlukan seperti KTP Elektrik, Kartu Keluarga, Kartu Peserta BPJS. Biaya persalinan akan ditanggung BPJS Kesehatan selama memenuhi prosedur yang berlaku.

3. Prosedur 3 : Anda bisa Pindah Faskes 

Jika anda menetap dalam waktu yang lama maka kami sarankan untuk mengajukan pindah Faskes, itu artinya ketika anda sakit yang lainnya bisa langsung berobat ke faskes yang anda pilih. Untuk pindah faskes silahkan baca penjelasan kami di sini.

Baca : Pindah Faskes

 

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Comments are closed.