Makanan Ibu Menyusui agar Bayi Gemuk dan Sehat

ibu-menyusui

Selamat atas kelahiran bayi anda, jaga kesehatan bayi anda dengan memberikannya makanan – makanan bernutrisi tinggi selain sehat bayi anda juga bisa menjadi gemuk dan tumbuh cerdas. Namun Asi juga dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan bayi maka ibu menyusui harus mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi.

Bagi ibu yang sedang memiliki bayi dan bayinya masih minum Asi maka disarankan kepada Ibu untuk makan – makanan yang bergizi. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi seperti Vitamin, Asam Folat, Zat Besi, Omega 3 dll tentu akan mempengaruhi perkembangan bayi anda.

ASI yang keluar dari payu*dara ibu merupakan hasil dari apa yang ibu makan. Jika ibu banyak makan – makanan yang mengandung nutrisi tersebut maka bayi anda akan tumbuh dengan sehat dan gemuk, terlebih lagi dapat mencerdaskan otak.

1. Buah – Buahan

Buah – buahan sangat penting untuk memberikan kandungan nutrisi pada ASI yang diproduksi oleh Ibu. Buah – buahan sangat dianjurkan karena memiliki kandungan yang lengkap seperti buah Jeruk yang mengandung Vitamin C, Vitamin B9, buah Apel, buah Alpukat, buah Mangga, buah Pepaya, Buah Naga, buah Pir, Buah Anggur, dll. Jauhi buah yang banyak mengandung pestisida.

2. Sayur – Sayuran

Sayur – sayuran juga diperlukan untuk memproduksi ASI yang berkualitas, Asupan ASI akan sangat berperan penting bagi perkembangan dan pertumbuhan bayi anda, maka dari itu dibutuhkan ASI yang berkualitas. Sayuran yang direkomendasikan untuk anda seperti Wortel, Daun Bayam, Daun Katuk dll. Jauhi sayuran yang banyak mengandung pestisida.

3. Kacang – Kacangan

Untuk memberikan kandungan Zat Besi dan Protein pada ASI maka anda disarankan untuk mengkonsumsi Kacang _ Kacangan. Dengan makan kacang-kacangan ASI anda akan memiliki kualitas yang baik yang dapat membantu perkembangan bayi anda untuk bisa tumbuh cerdas dan gemuk.

4. Nasi Merah untuk Ibu Menyusi

Karbohidrat juga perlu bagi Ibu Menyusui, maka dapat mengkonsumsi Nasi merah. Selain karbohidrat Nasi merah juga memiliki kandungan Asam Folat yang tinggi yang memiliki manfaat sangat baik bagi ibu dan bayi. Dengan mengkonsumsi nasi merah maka produksi ASI semakin berkualitas.

5. Daging, Ikan dan Telur 

Lengkapi makanan ibu menyusui dengan Daging, Ikan dan Telur. Makanan ini memiliki kandungan protein yang tinggi yang dibutuhkan bagi ibu menyusui sehingga ASI yang dihasilkan dapat memiliki nutrisi yang lengkap. Protein dapat membantu dalam perkembangan sistem syaraf bayi.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Comments are closed.