Inilah Solusi bagi yang Lupa Nomor Kartu BPJS!!

lupa nomor bpjs kesehatan

BPJS Kesehatan merupakan program pemerintah dalam memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat Indonesia dengan premi iuran yang terjangkau.

Bagaimana tidak? Bpjs kesehatan menawarkan beberapa kelas yang bisa dipilih oleh peserta sesuai dengan kemampuan ekonomi masing-masing.

  1. Kelas 3 iurannya Rp25.500
  2. Kelas 2 iurannya Rp51.000
  3. Kelas 1 iurannya Rp80.000

Bagi yang tidak mampu, maka bisa mendaftar dalam program jkn-kis jalur PBI (penerima bantuan iuran), iuran peserta PBI akan ditanggung oleh Pemerintah.

Setiap peserta akan mendapatkan kartu bpjs kesehatan yang berisi “nomor peserta”, kartu bpjs digunakan sebagai identitas ketika ingin berobat menggunakan bpjs.

Peserta memiliki kewajiban untuk bayar iuran setiap bulan, iuran bisa dibayar lewat tokopedia, atm bri, indomaret atau alfamart dengan menunjukan nomor peserta.

Saya Lupa nomor BPJS Kesehatan?

Jika anda lupa dengan nomor bpjs kesehatan maka bisa lihat di kartu peserta, tapi kalau kartu peserta nya hilang maka inilah Solusi yang bisa dilakukan bagi yang Lupa Nomor Kartu BPJS!!

1. Hubungi Call Center BPJS lewat Facebook

Jika anda punya facebook, silahkan cari akun resmi bpjs.

Kirimkan pesan anda ke facebook resmi bpjs kesehatan bahwa anda lupa nomor peserta, biasanya anda akan diminta menyebutkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga.

Customer service bpjs akan membantu mencarikan data anda dan akan mengnformasikan nomor peserta anda yang lupa. Ini merupakan cara paling mudah untuk mengetahui nomor peserta bpjs.

Baca Disini: Cara menghubungi Call Center BPJS lewat Facebook

2. Cari tahu lewat situs Resmi BPJS Kesehatan

Jika anda lupa nomor kartu peserta maka anda bisa cek melalui situs bpjs. Ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Buka aplikasi https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/
  • Masukan nomor kartu (isi nomor kartu bpjs anggota lain)
  • Masukan tanggal lahir
  • masukan angka validasi
  • klik tombol cek
  • jika benar maka akan tampil seluruh nomor kartu peserta keluarga meliputi : Nama Peserta, Nomor Peserta, Status Kepesertaan, Jenis peserta, Jumlah anggota keluarga, Informasi mengenai tagihan, denda, total tagihan dan juga informasi tanggal pembayaran terakhir.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI

1 COMMENT

Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.