Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan berupa JP

Keuntungan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Jaminan Sosial yang menjadi tugas pokok BPJS Ketenagakerjaan ada 4 program diantaranya Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan Jaminan Pensiun (JP). Program tersebut merupakan bentuk perlindungan kepada para pekerja atas resiko yang terjadi saat bekerja.

Itulah beberapa program BPJS Ketenagakerjaan yang dapat bermanfaat kepada para peserta, terutama ketika peserta memasuki usia pensiun selain Jaminan Hari Tua (JHT), Peserta juga memiliki hak untuk mendapatkan keuntungan berupa Jaminan Pensiun (JP).

Apakah anda sudah tahu apa itu JP pada BPJS Ketenagakerjaan? Program ini merupakan sejumlah uang yang dibayarkan setiap bulan kepada peserta yang telah memasuki usia pensiun, mengalami cacat total tetap, atau kepada ahli waris bagi peserta yang meninggal dunia.

Dasar upah yang digunakan untuk JP maksimal Rp 7 juta. Iuran JP sebesar 3 persen dengan 2 persen dari pemberi kerja dan 1 persen iuran pekerja.

‎”Kalau JP, dari gaji juga dipotong 1 persen, perusahaan nambahin 2 persen. Nanti sampai usia pensiun dibayarkanya berkala. Berapa tunjangan pensiunan setiap bulan, persis PNS. Untuk dirinya sendiri kalau meninggal terus buat istrinya, kalau istrinya meninggal ada anak di bawah 23 tahun terus.

Baca Juga :

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply