Ketika Ruang Perawatan yang Sesuai Hak Penuh

Para peserta memiliki sebuah kewajiban untuk bayar iuran BPJS setiap bulan berdasarkan kelas yang dipilihnya, dan tentunya memiliki sebuah hak didapat sesuai dengan haknya yaitu salah satunya mengenai ruang perawatan yang sesuai dengan kelas yang dipilih. 

Namun, terkadang juga sering terjadi ketika peserta berobat ke faskes ternyata ruang perawatan yang seharusnya didapat telah penuh. Tentu bagi peserta mengharapkan ruang rawat inap yang sesuai dengan kelas yang dipilihnya. Ketika peserta mengalami demikian, apa sih yang harus dilakukan?

Disini kami menginformasikan bahwa, pihak BPJS Kesehatan telah mengantisipasi dan memahami akan hal ini maka dari itu terdapat sebuah peraturan menteri kesehatan no.28 tahun 2014, yang isinya sebagai berikut :

Dalam hal ruang perawatan yang menjadi hak peserta telah penuh, peserta dapat dirawat dikelas perawatan 1 tingkat lebih tinggi paling lama 3 hari sampai ruangan sesuai hak nya tersedia. Namun, jika kelas rawat sesuai haknya dan 1 tingkat lebih tinggi juga penuh maka peserta dapat dirawat dikelas perawatan 1 tingkat lebih rendah paling lama 3 hari sampai ruangan yang sesuai haknya tersedia.

Berikut ini Skema Diagram yang dibuat oleh BPJS Kesehatan : 

Skema ini merupakan alur dimana ketika peserta berobat dan harus menjalani rawat inap dan ternyata ruang rawat inap yang seharus nya didapat ternyata telah penuh. Maka ini berlaku untuk anda, anda dapat menanyakan hal ini kepada petugas faskes atau petugas BPJS yang ada di faskes setempat.

Ruang Perawatan yang Sesuai Hak Penuh
Ruang Perawatan yang Sesuai Hak Penuh

Tentunya ini sesuai dengan indikasi medis, sesuai dengan prosedur dan tidak naik kelas perawatan atas permintaan sendiri, maka tidak ada selisih biaya. Apabila kenaikan kelas rawat inap atas permintaan sendiri maka akan dikenakan selisih biaya sesuai dengan Permenkes No.4 tahun 2017.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.