Ketika Peserta BPJS Kesehatan Pindah Tempat Tinggal

Ketika Peserta BPJS Kesehatan Pindah Tempat Tinggal – Masih banyak peserta bpjs kesehatan yang tempat tinggalnya belum menetap-tap, sehingga tak sedikit dari mereka yang pindah tempat tinggal. Ketika peserta BPJS pindah tempat tinggal maka sebaiknya melakukan perubahan data di kantor BPJS Kesehatan.

Tujuannya agar nanti mudah dalam mengurus dan mendapatkan layanan jaminan kesehatan, dari beberapa pertanyaan yang masuk, cukup banyak yang menanyakan bagaimana ketika saya pindah tempat tinggal? dan bagaimana cara merubah data ketika pindah tempat tinggal? Baca : Peserta Pindah Domisili

Bagi peserta yang pindah tempat tinggal, agar mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan pelayanan jaminan kesehatan dari BPJS Kesehatan nantinya, maka disarankan supaya segera merubah data tempat tinggal, perubahan data hanya dapat dilakukan di kantor bpjs , tidak bisa online.

Silahkan datang ke Kantor BPJS Kesehatan setempat kemudian anda akan diminta mengisi Formulir Perubahan Data Peserta (FPDP) dan membawa Persyaratan Pindah Tempat Tinggal :

  • Asli Kartu Peserta.
  • Asli KTP
  • Surat keterangan pindah domisili.

Ketika anda melakukan perubahan data pindah tempat tinggal, anda tidak akan mendapatkan kartu baru, anda dapat menggunakan kartu anggota bpjs kesehatan yang lama. Yang terpenting adalah nomor anggota dan nama lengkap yang tertera pada kartu sudah benar.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Saya memiliki kartu bpjs dari pemerintah tanpa ada biaya perbulannya.. Skr sy sudah pindah alamat jika sy lakukan perubahan apakah kartu saya masih tetap gratis atau bayar..
    Mohon info lengkapnya

  2. Kalau untuk karyawan proyek yang menetap di proyek per 3 bulan, bagaimana cara mereka tetap bisa menggunakan bpjs. Karena pastinya faskesnya akan berubah-ubah terus. Terima kasih.

  3. Kalau pindahnya masih dalam satu kecamatan tp pindah desa apakah tetap harus melapor ke kantor bpjs?
    Trimakasih dan mohon infonya

    • @fanny : jika memang pindah domisili tetap maka lebih baik memperbaharui kartu BPJS nya dan menggunakan faskes 1 yang terdekat dengan tempat tinggal anda yang baru. Hal ini untuk memudahkan anda dalam urusan administrasi saat berobat menggunakan BPJS

  4. seharusnya KTP dan kartu keluarga sudah mewakilkan tanpa surat keterangan domisili,kecuali warga yang KTP nya tidak sesuai dengan tempat tinggal wilayah nya (perantauan),sekarang masalah di E KTP yang bahan nya sudah langka,,,bagaimana ini? apa bisa memakai surat keterangan domisoli dari kelurahan kalau e KTP belum jadi?

  5. Kl bpjs d tanggung pemerintah daerah(gratis), terus pindah d daerah lain, kl d ks pindah kartunya. Apakah msh gratis atau harus bayar krn sdh keluar daerah…?

  6. Ribet banget nih pemerintah. Kalau pihak RT atau RW tempat pindah domisili tidak mau membuatkan surat ket. Domisili karena keluarga saya cm kontrak rumah gmn?? Sedangkan harus ada surat ket. Domisili kalau mau pindah faskes. Apa masih mau dipaksakan?? Saya udah nunggak 1.5 th karna menurut saya tidak berguna bpjs ini. Rugi..

Leave a Reply