Kenapa Ibu Hamil Sering Buang Air Kecil? Inilah Penyebabnya

ibu hamil sering buang air kecil

Setiap wanita tentu menginginkan dirinya bisa hamil khususnya bagi pasangan muda, maka kami ucapkan selamat kepada anda yang saat ini sedang mengandung buah hatinya. Jaga kesehatan dan terus mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak gizi agar bayi anda dapat berkembang dengan baik.

Banyak hal yang dialami oleh Ibu hamil mulai dari morning sickness, mual-mual hingga sering buang air kecil yang membuat anda tidak nyaman. Ketika anda merasa ingin pipis maka janganlah di tahan-tahan karena dapat berakibat keputihan yang tidak sehat.

Sering pipis saat hamil itu bukan tanda bahaya, anda tidak perlu khawatir akan kondisi ini karena memang ini terjadi pada semua ibu hamil. Baiklah, mungkin anda perlu mengetahui penyebab mengapa ibu hamil sering buang air kecil? 

Cairan tubuh lebih banyak

Terjadinya peningkatan jumlah daran dan oksigen pada ibu hamil, peningkatannya bisa lebih dari 50% dibandingkan ibu yang tidak hamil. Jumlah darah sangat berpengaruh besar pada janin yang sedang di kandung, namun efeknya cairan tubuh juga akan meningkat dan membuat ginjal bekerja lebih ekstra, hal inilah yang kemudian membuat ibu hamil sering pipis.

Terlalu Banyak Minum

Ibu hamil dituntut untuk minum air putih yang banyak, agar tidak terjadi dehidrasi saat hamil. Karena ketika dehidrasi akan berdampak berbahaya pada bayi yang sedang dikandung. Banyak minum ini juga menjadi penyebab mengapa ibu hamil sering buang air kecil.

Adanya perubahan hormon

Selain perubahan jumlah darah, ada perubahan hormon yang juga terjadi pada ibu hamil yaitu hormon HCG. Hormon ini sangat aktif yang mendorong ibu hamil untuk selalu buang air kecil. Perubahan hormon pada ibu hamil ini pasti terjadi jadi tidak perlu dikhawatirkan, melalui hormon inilah tanda kehamilan dapat di baca oleh testpack.

Kandung kemih mendapatkan tekanan

Rahim ibu hamil akan terus tumbuh dan berkembang diatas kandung kemih sehingga menekan kandung kemih dan membuat ibu merasa ingin selalu buang air besar, semakin tua usia kandungan maka akan semakin sering untuk pipis dan jangan ditahan-tahan ketika merasa ingin buang air besar.

Bayi Mulai Turun ke Pelvis

Ketika usia kandungan telah memasuki trimester tiga maka ibu hamil akan lebih sering buang air kecil, hal ini terjadi karena terjadi perluasan rahim dan bayi mulai turun ke pelvis dan bersiap untuk menunggu waktunya dilahirkan. Tak hanya itu bahkan ibu hamil tua juga akan lebih sering buang air besar.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


Tinggalkan Komentar