Kenapa Harus Lapor ke Kantor BPJS Kesehatan saat Ingin Berobat diluar Kota? Ini Jawabannya

Berobat dengan BPJS Kesehatan

Berobat dengan BPJS Kesehatan

Sewaktu – waktu memang seseorang akan melakukan bepergian keluar kota domisili, mungkin untuk liburan, tugas kerja yang berpindah – pindah, atau ingin melahirkan di kota lain.

Ketika seorang peserta BPJS Kesehatan yang sedang berada di daerah lain untuk sementara waktu dan kemudian mengalami gangguan kesehatan maka dapat berobat ke faskes terdekat, tentunya mengikuti prosedur yang berlaku di bpjs kesehatan.

Yaitu peserta harus melapor ke Kantor BPJS Kesehatan di kantor terdekat didaerah tersebut terebih dahulu. Silahkan imak pertanyan dan jawaban dari BPJS Kesehatan mengenai penggunakan BPJS Kesehatan di Luar Kota Domisili yang kami kutip dari halaman Grup Facebook Resmi BPJS Kesehatan.

Pertanyaan: Kenapa setiap kali keluar kota harus melaporkan ke kantor BPJS Kesehatan? Contoh kasus seorang pekerja dengan sistem kerja roster, 4 minggu on kerja, 1 minggu off kerja? Haruskah setiap kali on maupun off harus lapor ke kantor BPJS setempat?

Jawaban: Peserta dianjurkan melapor ke Kantor BPJS Kesehatan apabila tinggal di daerah lain untuk sementara waktu, sehingga jika sewaktu-waktu mendadak memerlukan pelayanan kesehatan di tempat tinggal sementara tersebut, peserta dapat memanfaatkan kartu BPJS Kesehatannya untuk digunakan di fasilitas kesehatan terdekat di daerah tersebut. Adapun dalam kondisi gawat darurat, peserta tidak harus melapor ke Kantor BPJS Kesehatan terlebih dulu, melainkan dapat langsung mengunjungi fasilitas kesehatan yang berada paling dekat dengan lokasi kejadian.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...
  1. Saya belum terdaftar sebagai anggota bpjs.dan saya ingin mendaftar bpjs.yang saya tanyakan.mengapa harus melapor?.bukan nya seharusnya bpjs berlaku untuk seluruh indonesia?,yg diatur oleh sistem.kan sudah terdaftar sebagai anggota..masa yang sudah anggota bpjs mau berobat ke RS yang sudah bekerja sama dengan bpjs harus melaporkan diri kembali ke kantor bpjs.?!
    Sistemnya tidak berjalan dengan baik atau bagaimana.?

  2. Zaenal Arifin

    Karena terlambat melaporkan ke bpjs. Akhirnya klaim ke bpjs di tolak.
    Kemana saya harus melaporkan.
    Terjadi di Rs Dr Soetomo

Leave a Reply