Kartu BPJS Aktif dan Pembayaran Pertama dapat dibayar setelah 14 Hari Sejak Mendaftar

Per Awal Bulan Juni 2015, BPJS Kesehatan telah memperbaharui Peraturan mengenai aktivasi keanggotaan, Peserta BPJS yang baru saja mendaftar baik melalui Online maupun Kantor BPJS pembayaran iuran peserta kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU), dapat dilakukan paling cepat 14 hari kalender setelah VA (Virtual Account) diterbitkan.

Setelah membayar Iuran pertama pada hari ke 14 maka Status Keanggotaan Peserta yang bersangkutan akan diaktifkan. Jadi misalnya anda atau keluarga anda hari ini sakit, dan mendaftar bpjs kesehatan dengan harapan bisa mendapatkan bantuan bpjs kesehatan pada hari ini juga atau besoknya, bpjs tidak memberikan bantuan karena status nya belum aktif.

Namun, Meski demikian, peraturan tersebut tidak berlaku bagi:

1.Peserta dan bayi baru lahir yang didaftarkan sebagai peserta PBPU dan peserta Bukan Pekerja di kelas III dengan menunjukkan surat rekomendasi dari Dinas Sosial setempat sebagai orang tidak mampu dan/atau keterangan lain yang dibutuhkan.

2.Bayi baru lahir yang merupakan anak dari peserta PBI yang didaftarkan sebagai peserta PBPU (peserta perorangan) di kelas III,

3.Bayi baru lahir yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah sebagai peserta PBPU di kelas III,

4.Peserta dan bayi baru lahir dari Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) yang ditetapkan Menteri Sosial dan telah didaftarkan sebagai peserta BPJS Kesehatan di kelas III.

Bagi peserta tidak mampu yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan, maka diharapkan segera menghubungi pemerintah daerah atau Dinas Sosial setempat agar dapat diusulkan untuk didaftarkan sebagai peserta PBI. Untuk menghindari masalah pembiayaan pelayanan kesehatan, kami mengimbau agar masyarakat mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan selagi masih sehat.

Maka dari itu sebelum benar- benar membutuhkan bantuan dari BPJS daftarlah menjadi peserta BPJS jauh – jauh hari , paling tidak 14 hari sebelum menggunakan BPJS Kesehatan. Terkadang ada juga terkendala sistem pada hari 14 pembayaran dan status anggota juga belum aktif.

Informasi dari :

Departemen Komunikasi dan Hubungan Masyarakat
Grup Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga
BPJS Kesehatan Kantor Pusat

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...


  1. Dortean Amelia Jois Jaha

    TGL 21 KEMARIN SY SUDAH MEMBAYAR IURAN PBJS PERTAMA SESUAI TENGGANG WKT 14 HARI AFTER DAFTAR. DAN KARTU SUDAH TERCETAK DAN KATANYA SUDAH AKTIF. TETAPI WAKTU DI GUNAKAN KATANTA BLM AKTIF. MOHON PENJELASANNYA. TQ

  2. Mohon maaf, saya bulan lalu januari 2017 membayar pertama kali bpjs lwat alfamart, saya ikut yg kelas 2 sebesar 51.000, kmudian bulan febuari saya bayar lagi, tapi kenapa malah kena lebih banyak ya? 2x lipatnya? Mohon infonya…

  3. Saya sudah membayar iuran pertama melalui atm tapi waktu aktivasi .. Saya tidak bisa cetak e ID karena disitu ada keterangan saya masih belum membayar .. Terus solusinya bagaimana ?

  4. Saya sudah bayar pertama setelah dari tanggal yang ditentukan..Saya bayar melalui BRI dengan memasukkan no virtual account karena dari data di BPJS Online pas dapat bentuk pdf virtual accountnya dapat melakukan pembayaran tanggal 12 Januari 2017 sd 28 Januari 2017. Kemarin saya bayar hari sabtu tanggal 21 Januari 2017. Kok belum bisa cetak e-ID ya..??Padahal sudah bayar..Mohon info. Terima kasih.

  5. Kalau saya udah mendaftar dari tahun 2014 cuma saya lupa meletakkan kartu bpjs saya Dimana, solusinya seperti bagaimana itu?

  6. Saya mandaftar tanggal 21 Agustus 2016, kalau saya bayar iuran tanggal 22 Agustus 2016 boleh tidak?

  7. Bagainana bila setwlah 14 hari setelah mendaftar blm bisa membayar iuran bpjs pertama

  8. saya mendaftar BPJS baru pada hari ini 20 april 2016..berarti saya bisa bayar iuran pertama pada tanggal 4 Mei ya ? begitu ? Terimakasih.

Tinggalkan Komentar