Kaki Sering Mengalami Kram Saat Tidur, Mungkin ini Penyebabnya!

Penyebab Kaki Kram saat Tidur

Pernahkah anda mengalami kram saat tidur, tiba – tiba anda merasakan sakit hingga terbangun dari tidur. Gangguan kaki kram mendadak ini terjadi dalam hitungan detik atau menit. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kaki kram saat tidur.

Pemicu utama kaki kram di malam hari biasanya karena otot betis yang menegang atau kejang. Otot mengalami kram  juga terkadang sering terjadi pada bagian telapak kaki dan paha. Akan tetapi penyebab pastinya belum diketahui secara pasti.

Tapi ada kemungkinan beberapa hal yang dapat menyebabkan gangguan kaki kram saat tidur dimalam hari karena beberapa kondisi tertentu, misalnya :

1. Apakah kondisi suhu pada lingkungan, ruangan anda terlalu dingin? ini juga bisa menjadi faktor penyebab kaki kram yang anda alami. Ketika seseorang terpapar udara dingin dapat menyebabkan kram pada bagian tubuh bisa tangan, kaki atau yang lainnya. 

2. Kram pada kaki dapat terjadi karena kurangnya jumlah mineral, seperti kalsium dan magnesium. Umumnya kaki kram dialami oleh ibu hamil pada akhir usia kehamilan.

3. Anda kurang berolahraga, ketika anda sekali berolahraga otot menjadi kaget sehingga mengalami cidera atau penggunaan otot yang berlebihan.

4. Sirkulasi darah yang tidak baik juga bisa menyebabkan kaki kram, gangguan medis lainnya seperti penyakit ginjal, tiroid dan multiple sclerosis.

5. Berdiri di permukaan keras dalam waktu lama, duduk terlalu lama, atau posisi kaki tidak nyaman saat tidur juga menjadi penyebab kaki kram, maka anda dapat mengatur posisi tidur yang nyaman.

6. Kekurangan potasium, kalsium, dan mineral lain dalam darah.

7. Mengonsumsi obat-obatan tertentu, misalnya pil kontrasepsi, obat antipsikotik, statin, atau steroid.

8. Dehidrasi.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi nyeri saat serangan kram terjadi:

  • Lakukan peregangan dan pijat-pijat otot.
  • Mandi air hangat untuk membuat otot kembali rileks.
  • Meletakkan kompres hangat di otot betis juga membantu.
  • Minum cukup cairan. Minuman olahraga juga sering membantu mengurangi nyeri kram.
  • Bangkit dari tempat tidur dan berjalan-jalan sebentar atau berjingkat.
  • Lakukan olahraga secara bertahap, sedikit-sedikit setiap minggu.
  • Bila serangan kram terus datang atau memburuk, periksakan ke dokter karena bisa menjadi gejala gangguan lain, seperti sindrom kaki tak mau diam.

Editor : Pratama Nugroho
Sumber : WEBMD,

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply