Iuran JKK dan JKM untuk PNS dari PT. Taspen

JKK dan JKM untuk PNS

Bekerja menjadi PNS sekarang akan mendapatkan jaminan sosial dari pemerintah, program tersebut yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian / Meninggal Dunia). Pembayaran Iuran JKK dan JKM akan memotong gaji PNS itu sendiri. 

Pemotongan gaji untuk membayar iuran JKK dan JKM telah ditetapkan pemerintah yaitu 0.24% dari gaji untuk program JKK dan 0.30% dari gaji untuk program JKM. Program Jaminan Kecelakaan Kerja untuk PNS ini sama dengan program JKK yang ada di BPJS Ketenagakerjaan.

Hanya saja JKK dan JKM untuk PNS ini dikelola oleh PT. Taspen dan sedangkan untuk JKM dan JKM untuk ara aparatur negara seperti TNI dan Polri dikelola ASABRI. Program ini merupakan bentuk implementasi dari UUD Nomor 5 tahun 2014 tentang jaminan bagi ASN.

Sebelumnya program JKK dan JKM untuk PNS dilakukan oleh PT. Askes berdasarkan PP No.12 tahun 81, namun karena Askes telah berubah menjadi BPJS Kesehatan, maka BPJS Kesehatan tidak lagi memberikan JKK dan JKM untuk para PNS.

1. Penetapan santunan JKM untuk PNS telah ditetapkan yaitu untuk biaya santunan JKM, ditetapkan sebesar Rp 15 juta, uang duka sebesar 3 kali gaji terakhir, beasiswa ahli waris Rp 15 juta, dan biaya pemakaman Rp 7,5 juta.

2. Penetapan santuan JKK untuk PNS meliputi santunan kecelakaan kerja sebesar 100% gaji terakhir sampai mampu bekerja kembali, santunan cacat sebagian 70% dari 80 bulan gaji terakhir, cacat tetap sebesar 70% dari 80 bulan gaji terakhir plus santunan berkala Rp 250.000 sampai 24 bulan, penggantian gigi tiruan Rp 3.900.000, santunan kematian 60% dari 80 bulan gaji terkahir, uang duka tewas 6 kali gaji terakhir, biaya pemakaman Rp 10 juta, dan beasiswa dari Rp 15 juta-45 juta sesuai tingkat pendidikan anak.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply