Ini Efeknya Jika Anda Berbuka Puasa dengan Rokok

Bahaya Merokok

Berpuasa akan memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti membantu menurunkan kadar gula darah, melakukan detoksifikasi dan lain-lain. Karena memang puasa terbukti dapat menjauhkan dari berbagai jenis penyakit. Akan tetapi jika anda masih saja tetap merokok maka akan menghilangkan manfaat dari puasa.

Bagi sebagian orang rokok menjadi menu berbuka puasa yang paling pokok dibandingkan dengan makanan, banyak alasan seperti belum memiliki selera makan, belum sempat makan atau lainnya yang pada intinya, ketika berbuka puasa dengan roko justru akan dapat menurunkan kesehatan tubuh dan lebih mudah terserang berbagai penyakit.

“Rokok mengandung zat aktif yang dapat meningkatkan jumlah radikan bebas dalam tubuh” menurut Dr. Saptawati Bardosono, M.Sc, spesialis gizi klinik dan dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Selama puasa tubuh juga dapat menghasilkan radikan bebas karena tidak diimbangi dengan antioksidan eksogen yang umumnya dihasilkan dari mengkonsumsi makanan. Pada kondisi normal, tubuh dapat menghasilkan antioksidan endogen yang dapat membantu menangkal radika bebas. Sehingga disaat sedang berpuasa maka Antioksidan endogen yang dihasilkan tubuh akan berkurang, maka tubuh perlu asupan makanan,.

“Terlebih lagi, berbuka dengan rokok bisa membuat orang makan lebih sedikit,” ujar Dr.Saptawati.

Maka jika anda berbuka puasa dengan rokok, daat berpotensi meningkatkan jumlah radikal bebas dalam tubuh 2 kali lipat lebih banyak. Radikal bebas dapat merusak sel yang dapat menyebabkan seseorang mengalami penuaan dini dan juga mudah terserang berbagai penyakit terutama kanker.

Untuk menangkal dan mengurangi jumlah radikal bebas dalam tubuh, dibutuhkan asupan makanan sehat saat berbuka. Baik itu buah dan sayur yang mengandung berbagai vitamin A, C, serta E, dan kombinasi daging atau ikan yang mengandung protein.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply