Ini Dokumen yang harus dibawa ketika akan Berobat ke Rumah Sakit

Berobat ke Rumah Sakit dengan BPJS

BPJS Kesehatan telah membuat sebuah prosedur berobat untuk memberikan alur pelayanan yang lebih baik, memang terkesan ribet tapi jika diikuti sesuai dengan prosedur akan sama – sama lancar, pasien bisa mendapatkan jaminan kesehatan sesuai dengan hak nya, Program BPJS Kesehatan dapat berjalan sesuai dengan rencana.

Prosedur berobat BPJS menggunakan sistem Rujukan berjenjang, dimana setiap peserta yang sakit (mengalami gangguan kesehatan) maka dapat berobat langsung ke Faskes 1 (Puskesmas / Klinik / Dokter Keluarga) sesuai dengan yang telah tertera pada kartu anggota masing – masing.

Untuk berobat ke Faskes 1 anda dapat membawa dokemen yang dibutuhkan, apa saja dokumen yang diperlu kan ketika berobat ke puskesmas atau klinik sebagai fasilitas kesehatan tingkat pertama. Anda dapat membawa KK, KTP dan Kartu BPJS yang anda miliki.

Jika ternyata, pasien perlu mendapatkan penanganan lebih lanjut yang tidak bisa ditangani di faskes 1 (karena alasan kurangnya peralatan medis atau yang lainnya) maka pasien akan dirujuk ke faskes lanjutnya yaitu Rumah Sakit terdekat yang juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Dokumen yang harus disiapkan : Siapkan beberapa dokumen berikut untuk berobat ke Rumah Sakit tujuan antara lain:

  • 2 lembar fotokopi Kartu Keluarga
  • 2 lembar fotokopi KTP (bawa juga yang asli)
  • 2 lembar fotokopi kartu BPJS Kesehatan
  • 2 lembar fotokopi Surat Rujukan (bawa juga yang asli)
  • Kartu BPJS Kesehatan asli

Ketika anda sudah mendapatkan surat rujukan dari Rumah Sakit anda bisa langsung pergi ke Rumah Sakit dengan membawa dokumen yang telah kami sebutkan. Jika kondisinya mendesak maka dan harus segera dibawa ke Rumah sakit biasanya Faskes 1 memberikan fasilitas Mobil Ambulans untuk mengantarkan pasien ke faskes lanjutan.

Catatan : Untuk kondisi gawat darurat pasien BPJS Kesehatan dapat langsung menuju Rumah Sakit tanpa perlu menggunakan surat rujukan dari klinik kesehatan tingkat pertama.

Jika ada suatu hal yang berkaitan dengan BPJS yang belum anda fahami atau yang belum anda tahu, maka kami menyarankan kepada anda untuk menghubungi pic BPJS Kesehatan yang ada di Rumah Sakit tersebut untuk meminta bantuan layanan. Sehingga tidak ada miss komunikasi yang sering kali terjadi, karena pasien kurang aktif bertanya.

Anda dapat mengirimkan Pertanyaan - Pertanyaan Seputar BPJS Kesehatan di DISINI...




loading...

Leave a Reply